PENERAPAN METODE SAM’IYYAH SYAFAHIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VIII DI MTs NURUL TAQWA MANADO

Djasman, Sela (2019) PENERAPAN METODE SAM’IYYAH SYAFAHIYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VIII DI MTs NURUL TAQWA MANADO. Diploma thesis, IAIN Manado.

[img] Text
SELA DJASMAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bahasa arab merupakan satu diantara bahasa resmi yang digunakan dalam pergaulan internasional, khususnya pada pertemuan-pertemuan, sidang dan dokumen-dokumen perserikatan bangsa-bangsa atau organisasi internasional lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) mengetahui bagaimana penerapan metode sam’iyyah syafahiyah dalam meningkatkan kemahiran berbicara bahasa arab kelas VIII MTs Nurul Taqwa Manado. (2) mengetahui apa kendala dan solusi dalam menerapkan metode sam’iyyah syafahiyah siswa kelas VIII di MTs Nurul Taqwa Manado. Kemudian jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research). Sedangkan bentuk penelitiannya adalah studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan yang digunakan dalam pembelajaran bahasa arab di MTs Nurul Taqwa Manado dalam hasil observasi yaitu gabungan atau penerapan inkuiri dan penerapan ekspositori yang dimana proses pembelajarannya lebih kecara berfikir kritis dan analisis oleh siswa untuk mencari masalah dan pembelajaran bahasa arab yang kemudian menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Dan adapun juga berdasarkan hasil wawancara dengan guru MTs Nurul Taqwa Manado bahwa penerapan yang digunakan dengan metode teknik yang dilakukan guru dalam pembelajaran bahasa arab hasil belajar siswa, yaitu membisakan menggunakan kata sapaan siswa dapat menjawab kata sapaan dengan menggunakan bahasa arab contohnya seperti هالاوسىهالا jadi dibisakan memperdengarkan kalimat bahasa arab kepada siswa dan disamping guru memperdengarkan kata sapaan bahasa arab juga harus memberikan motivasi kepada siswa untuk bisa menjawab dari kata sapaan tersebut sehingga munculnya interaksi antara guru dengan siswa. Kemudian juga dengan mengetahui terlebih dahulu kondisi kelas karena setiap kelas berbeda-beda dalam pembelajaran bahasa arab. Kata Kunci : Penerapan Metode Sam’iyyah Syafahiyah Kemahiran Berbicara Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 07 Jul 2021 00:52
Last Modified: 07 Jul 2021 00:52
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item View Item