ANALISIS WACANA MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMK

Firman, Nur Afni (2023) ANALISIS WACANA MODERASI BERAGAMA DALAM BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMK. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI - Nur Afni Firman.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Nur Afni Firman NIM : 18.2.3.041 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Analisis Wacana Moderasi Beragama Dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Skripsi ini mengkaji tentang wacana moderasi beragama dalam buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK yang diterbitkan oleh Erlangga. Wacana moderasi beragama yang dimaksudkan di sini adalah nilai-nilai moderasi beragama dalam konstruksi empat indikator moderasi beragama yang dirumuskan oleh Kemenag RI, yakni: Komitmen Kebangsaan; Toleransi; Anti Kekerasan; dan Akomodatif Terhadap Kebudayaan Lokal. Adapun yang dimaksud dengan moderasi beragama yaitu cara beragama yang seimbang, memahami dan mengikuti ajaran agama tanpa memihak pada sisi ultra-konservatif maupun sisi liberal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menjelaskan wacana moderasi beragama dalam buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK kelas XI terbitan Erlangga. Oleh karena penelitian ini berjenis studi kepustakaan (library research), maka metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, bertujuan mengumpulkan data yang relevan dengan penelitian, untuk selanjutnya diproses menggunakan teknik analisis isi (content analysis) sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menyatakan bahwa wacana moderasi beragama yang termuat dalam buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas XI terbitan Erlangga dikategorikan ke dalam dua jenis yakni secara eksplisit (tekstual) maupun implisit (kontekstual) di antaranya bertanggung jawab dan membina kerukunan hidup umat beragama, bermasyarakat, serta bernegara (komitmen kebangsaan); menghormati perbedaan (toleransi); menyebarkan kedamaian (anti kekerasan); dan, memelihara kebudayaan lokal yang baik dan tidak menyimpang dari ajaran Islam (akomodatif terhadap kebudayaan lokal). Adapun implikasinya terhadap aspek kognitif yakni dapat melatih kemampuan intelek siswa dalam memahami dan mengembangkan sikap keberagamaan yang moderat. Aspek afektif berimplikasi pada terbentuknya pola pikir dan cara peserta didik memproses pengetahuan, utamanya terkait dengan sikap keagamaan moderat. Sedangkan aspek psikomotorik berimplikasi pada kemampuan peserta didik mengamalkan sikap keagamaan yang moderat. Kata Kunci: Moderasi Beragama, Buku Teks, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:37
Last Modified: 12 Dec 2023 02:37
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1787

Actions (login required)

View Item View Item