DINAMIKA TRANSFORMASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA BITUNG

PADE, LA ODE (2021) DINAMIKA TRANSFORMASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA BITUNG. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
TESIS - DINAMIKA TRANSFORMASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI KOTA BITUNG.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK La Ode Pade. Dinamika Transformasi Lembaga Pendidikan Islam di Kota Bitung. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mendeksripsikan proses transformasi lembaga pendidikan Islam di Kota Bitung; (b) mendeskripsikan wujud (bentuk-bentuk dan implementasi) dan dinamika transformasi lembaga pendidikan Islam di Kota Bitung; dan (c) mendeskripsikan problematika (faktor pendukung dan penghambat) transformasi lembaga Pendidikan Islam di Kota Bitung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses transformasi lembaga pendidikan Islam di Kota Bitung (MIN 1 Bitung, MTsN 1 Bitung, dan MAN 1 Bitung) ternyata tidak terjadi begitu saja tetapi disebabkan adanya perubahan situasi politik nasional dan sosial-budaya masyarakat Islam di Kota Bitung. Politik nasional memberi angin segar bagi lembaga pendidikan Islam di Kota Bitung yang masih berstatus swasta untuk bertransformasi sebagai lembaga pendidikan negeri. Secara sosial, terjadinya transformasi pendidikan Islam di Kota Bitung yakni adanya keinginan kuat masyarakat Islam di Kota Bitung untuk memiliki lembaga pendidikan Islam. Setelah lembaga pendidikan Islam di Kota Bitung bertransformasi dari madrasah swasta ke negeri ada beberapa wujud dan implementasi transformasi yakni (a) visi, misi, dan tujuan lembaga; (b) kurikulum; (c) proses belajar-mengajar; (d) tenaga pendidik dan kependidikan; (e) perekrutan peserta didik; (f) sarana dan prasarana; (g) pengelolaan lembaga; dan (h) penataan lingkungan. Problematika transfromasi lembaga pendidikan Islam di Kota Bitung (MIN 1 Bitung, MTsN 1 Bitung, dan MAN 1 Bitung) mempunyai daya pendukung dan penghambat dalam proses transformasi. Faktor pendukung proses transformasi lembaga pendidikan Islam di Kota Bitung yakni (a) adanya inovasi kepemimpinan madrasah; (b) komite madrasah Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat,dan masyarakat muslim di Kota Bitung yang mendukung program madrasah; (c) dan inovasi pembelajaran. Sementara itu, faktor penghambat proses transformasi lembaga pendidikan di Kota Bitung (MIN 1 Bitung, MTsN 1 Bitung, dan MAN 1 Bitung) yakni (a) Yayasan Pendidikan Islam Bitung (Yasib) Bitung; (b) pendekatan yang lama dengan pihak Yayasan Yaspib; dan (c) hambatan internal madrasah di Kota Bitung. Kata kunci: transformasi, lembaga pendidikan Islam, diKota Bitung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Studi Keagamaan > Studi Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 12 Dec 2023 02:27
Last Modified: 12 Dec 2023 02:27
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1783

Actions (login required)

View Item View Item