Laode, Melisa (2023) PENERAPAN METODE BERNYANYI PADA RAUDHATUL ATHFAL NURUL HUDA KAUDITAN KECAMATAN KAUDITAN KABUPATEN MINAHASA UTARA. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
Skripsi Melisa Laode Distribusi Final.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Melisa Laode NIM : 1825016 Judul : Penerapan Metode Bernyanyi Pada Raudhatul Athfal Nurul Huda Kauditan Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode bernyanyi pada anak didik di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kauditan Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara serta kendala apa saja yang ditemukan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode peneltian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini juga melakukan analisis data dan pengecekan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa bentuk penerapan metode bernyanyi di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kauditan dilakukan dengan 3 cara yaitu pertama melakukan perencanaan dengan mempersiapkan fasilitas dan berbagai lagu-lagu sebagaimana yang tertuang dalam RPPH sebagai pedoman. Kedua pelaksanaan kegiatan yang terbagi atas tiga tahapan yaitu tahapan awal guru memperkenalkan lagu yang akan dinyanyikan bersama, tahapan tambahan yaitu guru mengajak semua anak-anak untuk mencontohkan lagu, dan tahapan kegiatan pengembangan yakni guru memperkenalkan beberapa nada tinggi dan nada rendah kepada anak-anak agar dalam melantunkan lagu. Terakhir dengan cara evaluasi yakni guru melakukan penilaian terhadap kegiatan penerapan metode bernyanyi sambil mengevakuasi berbagai kekurangan-kekurangan yang muncul saat kegiatan metode bernyanyi dilaksanakan. Kendala dalam penerapan metode bernyanyi yaitu berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu masih terdapat beberapa orang siswa yang memiliki rasa malu tampil di depan kelas dan ada juga beebrapa siswa yang uurnya masih sangat muda yaitu 3,5 tahun sehingga sulit untuk menyesuaikan diri dengan teman-temannya. Sedangkan faktor eksternal yaitu kurangnya pengawasan dari orang tua kepada anak-anaknya yang sering nonton konten lagu pada youtube sehingga sering mengganti lirik lagu yang dinyanyikan di kelas dengan lirik lain yang mengandung makna kurang sopan. Kata kunci: Metode, Bernyanyi, Pembelajaran Anak Usia Dini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 02:16 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 02:16 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1781 |
Actions (login required)
View Item |