TEKNIK PEMBERIAN TUGAS MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUD DA’WAH WAL-IRSYAD SANGKUB BOLAANG MONGONDOW UTARA

Wartabone, Ningsi (2023) TEKNIK PEMBERIAN TUGAS MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH DARUD DA’WAH WAL-IRSYAD SANGKUB BOLAANG MONGONDOW UTARA. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI-NINGSI WARTABONE FIX.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Ningsi Wartabone Nim : 1921014 Program Studi : Pendidikan Guru Madrsah Ibtidaiyah Judul Skripsi :Teknik Pemberian Tugas Menulis Pragraf Deskriptif dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas V Madrasah IbtidaiyahDarud Da’wah Wal- Irsyad Sangkub Bolaang Monggondow Utara Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Teknik Pemberian Tugas Menulis Paragraf Deskriptif Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah Wal-Irsyad Sangkub Bolaang Mongondow Utara. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Model PTK Rustiyarso-Tri Wijaya dimana penelitian ini hanya berfokus pada masalah-masalah yang terjadi di ruang lingkup kelas saja penelitian tindakan kelas di laksanakan sebanyak dua siklus, proses dalam penelitian tindakan kelas (PTK): Perencanaan, refleksi, observasi, evaluasi. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas dan siswa yang berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Peningkatan pemberian tugas menulis karangan bebas siswa ini terbukti dari data yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian. Presentase ketuntasan siswa pada prasiklus hanya 43,75 % siswa yang mencapai kriteria ketuntasan dengan nilai rata-rata 55 dengan jumlah nilai 880 maka hasil ini dapat di kategori rendah. Setelah dilaksanakan tindakan perbaikan dengan pemberian tugas menulis karangan dalam meningkatkan keterampilan menulis, keaktifan siswa lebih baik dan meningkat. Sehingga kemampuan menulis siswa juga meningkat pada siklus I presentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 62,5 % nilai rata 68,12 dengan jumlah nilai 1.090 dan siklus II meningkat menjadi 93,75 % dengan nilai rata-rata 78,12 dan jumlah nilai 1.250. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik pemberian tugas menulis paragraf deskriptif dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas V. Kata Kunci : Pemberian Tugas, Menulis Paragraf, Keterampilan Menulis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 12 Dec 2023 01:42
Last Modified: 12 Dec 2023 01:42
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1774

Actions (login required)

View Item View Item