PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS IV DI SDN 1 BILALANG KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW

Mokoginta, Mutiara (2023) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN SISWA KELAS IV DI SDN 1 BILALANG KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI MUTIARA MOKOGINTA Fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Mutiara Mokoginta Nim : 19.2.1.022 Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Judul Skripsi : Penerapan metode role playing dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV di SDN 1 Bilalang Kabupaten Bolaang Mogondow Skripsi ini mengkaji tentang Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV di SDN 1 Bilalang Kabupaten Bolaang Mongondow. Penelitian ini merupakan Tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Bilalang. Tahapan penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan pengamatan, serta refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar kuesioner dan observasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes siswa bermain peran setiap siklus, data hasil observasi, aspek efektif, dan hasil pengisian evaluasi oleh siswa. Hasil penelitian menunujukan bahwa Penerapan pembelajaran pembelajaran metode role playing pada mata pelajaran PKn dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Ini dibuktikan dengan hasil belajar berupa nilai rata-rata kelas pada kondisi awal/pratindakan hanya sebesar 65.27, kemudian meningkat pada Siklus I menjadi 69.85, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 76.94, presentase ketuntasan belajar pada kondisi awal/pratindakan hanya sebesar 27.77%, lalu meningkat pada siklus I menjadi 44.44%, dan meningkat lagi menjadi 88.88% pada akhir siklus II. Hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kata Kunci: Metode Role Playing, hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 12 Dec 2023 01:38
Last Modified: 12 Dec 2023 01:38
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1773

Actions (login required)

View Item View Item