STRATEGI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI SISWA DI MIN 2 MANADO

Pende, Siti Nurjana (2023) STRATEGI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI SISWA DI MIN 2 MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI REVISI KE 3 NANANG (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Siti Nurjana Pende NIM : 18.2.4.035 Fakultas : Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Prodi : Manajemen Pendidikan Islam Judul Skripsi :Strategi Pengelolaan Perpustakaan Madrasah Dalam Meningkatkan Budaya Literasi siswa. Skripsi ini membahas tentang Strategi Pengelolaan Perpustakaan Madrasah Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Siswa di MIN 2 Manado. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pengelolaan perpustakaan di madrasah dalam meningkatkan literasi siswa (2) Bagaimana perencanaan strategi dalam pengelolaan perpustakaan di MIN 2 Manado (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi pengelolaan perpustakaan madrasah dalam meningkatkan budaya literasi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengelolaan perpustakaan madrasah dalam meningkatkan literasi siswa di MIN 2 Manado dan perencanaannya serta faktor pendukung dan pengambatnya. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yang barlokasi di MIN 2 Manado, Kecamatan Bunaken, mulai dari September sampai Oktober 2022. Sumber data dalam bentuk data primer, data sekunder, kemudian metode pengumpulan data dengan observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis dan berupa reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Dan pengujian keabsahan data berupa triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa strategi pengeloaan perpustakaan dalam meningkatkan literasi siswa di MIN 2 Manado, yaitu dengan: 1). Membuat jadwal kunjungan perpustakaan setiap kelas, Penyediaan pojok baca, Memberikan tugas membaca yang dilakukan guru sebelum memulai pembelajaran dan menyediakan ruangan bacaan yang nyaman. 2). Sudah ada pembiasaan tentang literasi kepada semua siswa, untuk literasi interen setiap senin sampai kamis dan hari sabtu, untuk literasi umum setiap sebulan sekali, 3). Faktor pendukung yaitu ada kemauan siswa membaca dan perpustakaan yang nyaman dan bersih, kendala yang dihadapi yaitu diantara siswa ada yang tidak suka membaca, anggaran yang belum terlalu mencukupi, sarana prasarana yang masih kurang. . Kata Kunci : Pengelolaan Perpustakaan Madrasah, Budaya Literasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 11 Dec 2023 02:05
Last Modified: 11 Dec 2023 02:05
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1762

Actions (login required)

View Item View Item