IMPLEMENTASI KURIKULUM JARINGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU (JSIT) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AN-NAHL KOTAMOBAGU

Agansi, Riska Mila Sari (2021) IMPLEMENTASI KURIKULUM JARINGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU (JSIT) DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AN-NAHL KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP RISKA MILA SARI AGANSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Riska Mila Sari Agansi NIM : 16.2.3.072 Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan : Pendidikan Agama Islam Judul Skripsi :Implemetasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di SDIT An-Nahl Kotamobagu Skripsi ini membahas tentang “Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) An-Nahl Kotamobagu” tujuan penelitian adalah untuk mengdeskripsikan Implementasi kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di SDIT an-Nahl Kotamobagu dan untuk mendeskripsikan faktor mendukung dan menghambat pada saat pelaksanaan kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di SDIT an-Nahl Kotamobagu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, untuk itu penulis akan berusaha menguraikan atau menggambarkan mengenai Implementasi kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di SDIT an-Nahl Kotamobagu dengan menggunakan tiga instrumen pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini ada tiga rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana implementasi kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di SDIT an-Nahl Kotamobagu? (2) Apa saja faktor mendukung pelaksanaan kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di SDIT an-Nahl Kotamobagu? (3) Apa saja faktor menghambat pelaksanaan kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di SDIT an-Nahl Kotamobagu?. Dalam hasil penelitian, maka didapatkan bahwa implementasi kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di SDIT an-Nahl Kotamobagu dalam pelaksanaannya terdapat Internalisasi nilai-nilai Islam atau muatan keagamaan pada setiap mata pelajaran guru harus memasukan nilai-nilai Islam dalam materi pembelajaran yang relevan dengan ayat dan hadis pada setiap mata pelajaran yaitu: pendidikan agama Islam, matematika, sains, bahasa Indonesia, IPS, PPKN, dan PJOK. Program-program kegiatan yang ada di SDIT an-Nahl Kotamobagu sebagai berikut: Forum Kelas (Forlas), market day, mabit, qur’an camp dan pramuka dalam kegiatan tersebut menekankan karakter kepada siswa serta menanamkan nilai-nilai Islam. Adapun faktor mendukung pelaksanaan kurikulum adalah masyarakat, orang tua, guru mengikuti pelatihan-pelatihan dari JSIT serta buku panduan untuk diaplikasikan dalam sekolah yang bergabung dalam JSIT sedangkan faktor menghambat pelaksanaan kurikulum guru dan sarana prasarana seperti perpustakaan, ruang guru dan ruang kelas. Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum, Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:25
Last Modified: 07 Dec 2023 07:25
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1756

Actions (login required)

View Item View Item