Abijulu, Izati (2021) PERANDOSENDALAMMENANGKALRADIKALISMEAGAMADIFAKULTAS TARBIYAHDANILMUKEGURUANIAINMANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
Rangkuman Perpus(1).pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK NamaPenyusun : IzatiAbijulu NIM : 16.2.3.048 ProgramStudi : PendidikanAgamaIslam(PAI) Fakultas : TarbiyahdanIlmuKeguruanIAINManado JudulSkripsi : PeranDosendalam MenangkalRadikalismeAgama diFakultasTarbiyahdanIlmuKeguruanIAINManado PenelitianinimembahastentangPeranDosendalam Menangkal RadikalismeAgamadiFakultasTarbiyahdanIlmuKeguruanIAINManado dengansubmasalah1)BagaimanaperspektifDosenFakultasTarbiyah danIlmuKeguruanInstitutAgamaIslam Negeri(IAIN)Manadodalam menangkalradikalismeagama?2)BagaimanaperandanstrategiDosen dalammenangkalradikalismeagamadilingkunganFakultasTarbiyahdan IlmuKeguruanInstitutAgamaIslamNegeri(IAIN)Manado?Danpenelitian inidibatasiseputarpersepsi,perandanstrategidosenFakultasTarbiyah danIlmuKeguruanInstitutAgamaIslam Negeri(IAIN)Manadodengan mengambilbeberapapendapatdosen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatifdan nantinyaakandeskripsikandalam bentuknarasidaripeneliti,selanjutnya ada waktu dan tempatpenelitian,objekpenelitian,subjekpenelitian, metode pengumpulan data terdiridariobservasi,wawancara dan dokumentasi, instrument penelitian terdiri dari kisi-kisi pedoman wawancaradankisi-kisidokumentasi,keabsahandata,tehnikanalisadata terdiridaripengumpulandata,reduksidata,displaydata,verifikasidan penegasankesimpulan Hasilpenelitian PerspektifDosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu KeguruanInstitutAgamaIslam Negeri(IAIN)Manadodalam menangkal radikalisme agama yaitu:dengan memberikan pemahaman agama berdasarkan Alquran dan hadis secara moderat dan menghindari pemahaman agama yang sempit, tidak berpaham fanatisme, mengutamakan dialog,tidak memaksakan suatu idiologidiluardari idiologiyang sudah disepakati.Peran dan strategiDosen dalam menangkalradikalismeagamadilingkunganFakultasTarbiyahdanIlmu KeguruanInstitutAgamaIslam Negeri(IAIN)Manadoyaitu:berusaha membuatkurikulumyangdidalamnyamembicarakantentangradikalisme dimanakurikulum iniharusdiberlakukandisemuafakultasdanmenjadi sesuatuyangwajibdiikutiolehsemuamahasiswa.Begitujugakepada tenaga pendidik lainnya dan tenaga kependikan harus diberkan pemahaman yang tepat tentang radikalisme itu. Selanjutnya jika ditemukanadanyabibit-bibitakanmunculnyapaham radikalimedalam perspektifnegativemakaharusberusahauntukmenghalanginyadan mecarisolusinyaterhadappaham radikalitudankembalikepadapaham yangberdasarkanAlqurandanhadisdengancaramoderat. KataKunci:Radikalisme,PerspektifDosenFTIK
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Profesi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 07:00 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 07:00 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1751 |
Actions (login required)
View Item |