IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MADRASAH BERBASIS RISET (Studi Kasus di MTs Negeri 1 Plus Riset Manado)

Alamri, Muhammad Reza (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI MADRASAH BERBASIS RISET (Studi Kasus di MTs Negeri 1 Plus Riset Manado). Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI - IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR ( Muhammad Reza Alamri ) FULL.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Muhammad Reza Alamri NIM : 1923143 Fakultas : Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Prodi : Pendidikan Agama Islam Judul Skripsi : Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Berbasis Riset (Studi Kasus di MTs Negeri 1 Plus Riset Manado) Pokok masalah penelitian ini bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka dan problematika implementasi Kurikulum Merdeka tersebut. Penelitian yang dilakukan di MTs Negeri 1 Manado merupakan Penelitian kualitatif dan metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dimana peneliti menjelaskan secara menyeluruh mengenai data-data yang ada. Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan peserta didik di MTs Negeri 1 Manado.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan Teknik Analisa data meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa MTs Negeri 1 Manado telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sejak tahun ajaran 2022/2023 dan tahapan awal diimplementasikan pada kelas VII (tujuh) untuk seluruh mata pelajaran termasuk Akidah Akhlak. Kurikulum Merdeka meliputi: 1) Perencanan yaitu CP, TP, ATP, dan Modul ajar, 2) Pelaksanan yaitu Intrakurikuler dan kokurikuler, dan 3) Evaluasi yaitu asemen diagnostic, asesmen formatif dan asesmen sumatif. Adapun yang menjadi kendala dalam implementasi kurikulum ini adalah masih minimnya pengetahuan pendidik mengenai Kurikulum Merdeka dan yang menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah diadakannya pelatihan-pelatihan dan sosialisasi tentang Kurikulum Merdeka. Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Persiapan yang Belum Matang pada Kurikulum baru ini dinilai masih belum matang persiapannya sehingga diperlukan pengkajian dan evaluasi yang lebih mendalam agar penerapannya efektif dan tepat. 2) Sistem yang Belum Terencana dengan Baik pada bagian prosedur pelaksanaan pendidikan dan pengajaran masih minim pembahasan mengenai kurikulum ini dinilai belum menuju kepada sistem pendidikan dan pengajaran yang terencana dengan baik. 3) Kurangnya Sumber Daya Manusia sehingga memerlukan sosialisasi dan persiapan yang matang agar mempunyai sistem yang terstruktur dengan baik. Kata Kunci: Kurikulum, Merdeka Belajar, Madrasah Riset

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:18
Last Modified: 07 Dec 2023 06:18
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1745

Actions (login required)

View Item View Item