PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POHON PENEGURAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II SDN 52 MANADO

Damra, Nur Safitri (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POHON PENEGURAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS II SDN 52 MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI_NUR SAFITRI DAMRA_1921011-PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Nur Safitri Damra Nim : 1921011 Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Judul :Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Peneguran Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas II SDN 52 Manado Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pohon peneguran pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan satuan dan puluhan serta menguji kelayakan dari produk tersebut untuk menunjang pembelajaran di kelas II SDN 52 Manado. Model pengembangan yang digunakan merupakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch yaitu model pengembangan ADDIE, dengan tahapan sebagai berikut : Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan angket atau kuesioner. Angket ditunjukkan kepada validator media, dan validator materi. Subjek uji coba penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas II SDN 52 Manado yang berjumlah 21 peserta didik. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert. Hasil dari pengukuran skala likert, kemudian dicari persentase nya dari jumlah subjek sampel. Hasil Penelitian media pohon peneguran menunjukkan bahwa pohon peneguran ini layak digunakan sebagai bahan ajar, hal tersebut didasarkan pada skor yang diperoleh melalui penilaian dari ahli media mendapatkan persentase 93% dengan kriteria sangat layak, dan skor penilaian dari ahli materi mendapatkan persentase 89% dengan kriteria sangat layak. Respon dari pendidik memperoleh persentase 92% dengan kriteria sangat layak , dan pada uji coba produk pada peserta didik didapatkan persentase kelayakan media pohon peneguran sebesar 94,09% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba produk maka penulis dapat menyimpulkan bahwa media pohon peneguran sangat layak digunakan sebagai bahan ajar. Kata Kunci : media pembelajaran, pohon peneguran, penjumlahan & pengurangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 07 Dec 2023 05:58
Last Modified: 07 Dec 2023 05:58
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1743

Actions (login required)

View Item View Item