INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH ASSALAAM MANADO

Mato, Beby Sulistiawati Amalia (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH ASSALAAM MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
DOC-20230724-WA0003..pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Beby Sulistiawati Amalia Mato Nim : 1922003 Judul : Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Assalam Manado Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang internalisasi nilai-nilai karakter siswa melalui pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Assalaam Manado. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dan Teknik pengumpulan data dengan cara observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala Madrasah Aliyah Assalaam Manado, kepala kepesantrenan, kepala bidang kurikulum,wali kelas, guru bahasa Arab dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pola guru dalam internalisasi karakter siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dan nilai-nilai karakter yang muncul pada proses pembelajaran bahasa Arab. Pola guru dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Assalaam adalah guru memberikan pengarahan nilai-nilai karakter yang baik oleh siswa selanjutnya guru mengaitkan dengan pembelajaran bahasa Arab lalu guru menginternalisasikan nilai karakter dalam pembelajaran bahasa arab dan siswa merealisasikan karakter tersebut. Nilai-nilai karakter yang muncul pada saat pembelajaran bahasa Arab ialah, religius, rasa ingin tahu, displin, sabar dan kerja sama. Kata Kunci : Internalisasi, Nilai-Nilai Karakter, Pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:08
Last Modified: 06 Dec 2023 02:08
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1715

Actions (login required)

View Item View Item