PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XII DI SMA NEGERI 2 BITUNG

Talani, Abdul Rahmat (2023) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XII DI SMA NEGERI 2 BITUNG. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi Fix Munaqasyahh.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Abdul Rahmat Talani Nim : 1823017 Program Studi : Pendidkan Agama Islam Judul : Pengembangan Media Diorama Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XII Di SMA Negeri 2 Bitung Pengembangan media Diorama pada mata pelajaran PAI materi Iman Pada Hari Akhir di SMA Negeri 2 Bitung dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan media dalam pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama khususnya pada kelas XII, oleh karena itu perlu dilakukan suatu inovasi dalam pengembangan media pembelajaran yang efektif dan efisien untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi peserta didik. Penelitian pengembangan media ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran yaitu media Diorama pada mata pelajaran PAI materi Iman Pada Hari Akhir dan menguji kelayakan produk media Diorama tersebut agar bisa menunjang pembelajaran di SMA Negeri 2 Bitung pada kelas XII. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadopsi pada Richey and Klein yaitu Research and Development (R&D) dengan pengembangan paling rendah (level 1) yang mempunyai 5 tahapan : (1) potensi dan masalah, (2) studi literatur, (3) pengumpulan informasi, (4) desain produk, (5) validasi desain, dan (6) desain teruji. Dalam instrumen atau alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Angket yang diberikan kepada validator ahli materi, validator ahli media dan subjek uji coba kepada pendidik dan peserta didik kelas XII di SMA Negeri 2 Bitung yang berjumlah 30 peserta didik. Analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis kualitatif diperoleh dari masukan validator pada tahap validasi dan analisis kuantitatif data yang diperoleh melalui instrumen dianalisis dengan menggunakan statistik. Teknik pengukuran yang digunakan adalah skala likert. Hasil penelitian terhadap produk media Diorama menunjukkan bahwa Diorama tersebut layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran, berdasarkan hasil skor yang diperoleh melalui penilaian dari validator ahli materi dan ahli media memperoleh persentase 92% berkriteria sangat valid, sedangkan uji coba produk kepada peserta didik memperoleh hasil persentase kelayakan media Diorama bernilai 85% dengan berkriteria sangat layak dan respon dari pendidik mendapatkan persentase 94% berkriteria sangat layak. Berdasarkan hasil validasi ahli uji coba produk maka penulis menyimpulkan bahwa media Diorama sangat layak digunakan sebagai bahan pembelajaran disekolah tersebut. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Diorama, Beriman pada hari akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 05 Dec 2023 03:09
Last Modified: 05 Dec 2023 03:09
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item View Item