PENGELOLAAN TERPADU SARANA PRASARANA DI MADRASAH TSANAWIYAH DAN MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH BELANG KABUPATEN MINAHASA TENGGARA

Sineke, Raffi (2023) PENGELOLAAN TERPADU SARANA PRASARANA DI MADRASAH TSANAWIYAH DAN MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH BELANG KABUPATEN MINAHASA TENGGARA. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Ringkasan Skripsi Raffi Sineke.pdf

Download (697kB)
[img] Text
Skripsi Final Distribusi.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Raffi Sineke NIM : 1824048 Fakultas : Tarbiyah / Manajemen Pendidikan Islam Judul Skripsi : Pengelolaan Terpadu Sarana Prasarana Di Madrasah Tsanawiyah Dan Madrasah Aliyah Muhammadiyah Belang Kabupaten Minahasa Tenggara Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis Manajemen madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan merupakan hasil penelitian di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Muhammadiyah Belang Kabupaten Minahasa Tenggara. Penelitian ini juga melakukan analisis data dan pengecekan keabsahan data. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa Pengelolaan terpadu sarana prasarana pendidikan yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Muhammadiyah Belang Kabupaten Minahasa Tenggara adalah dengan melalui komponen-komponen berupa perencanaan pengadaan, penggunaan dan pemanfaatan, serta pemeliharaan sarana prasarana. Proses perencanaan pengadaan, terlebih dahulu mengecek, menganalisis, dan konsolidasi serta koordinasi bersama sama-sama terkait persiapan penganggaran kebutuhan lalu diajukan ke kemenag. Pemanfaatan, para guru mencoba secara kreatif apa yang bisa dilakukan guna menutupi kekurangan sarana dan prasarana yang ada dengan memanfaatkan sarana yang ada untuk memenuhi permintaan materi yang akan diajarkan. Pemeliharaan sarana prasarana yang masih minim, kedua madrasah saling berkoordinasi dengan penuh tanggung jawab dengan beranggapan bahwa sarana prasarana yang dipakai adalah milik bersama tidak mengklaim milik pribadi atau madrasah tertentu. Sementara problematika yang dihadapi sehingga berpengaruh terhadap suasana kegiatan belajar mengajar adalah masih terbatasnya sarana prasarana yang ada sehingga para guru mencoba sekreatif mungkin menutupi kekurangan tersebut dengan melakukan beberapa cara yang efektif agar kegiatan belajar mengajar berjalan secara kondusif dan efisien. Kata kunci: Pengelolaan Terpadu, Sarana Prasarana

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 05 Dec 2023 01:56
Last Modified: 05 Dec 2023 01:56
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1699

Actions (login required)

View Item View Item