MANAJEMEN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-FAJAR NGALIPAENG II KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE

Salapali, Ismail (2023) MANAJEMEN MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-FAJAR NGALIPAENG II KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Ringkasan skripsi Ismail Salapali.pdf

Download (565kB)
[img] Text
Skripsi Ismail Salapali Final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Ismail Salapali NIM : 1824063 Fakultas : Tarbiyah / Manajemen Pendidikan Islam Judul Skripsi : Manajemen Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Al-Fajar Ngalipaeng II Kabupaten Kepulauan Sangihe Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis Manajemen madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan merupakan hasil penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al-Fajar Ngalipaeng II. Penelitian ini juga melakukan analisis data dan pengecekan keabsahan data. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa manajemen kepala MTs Al-Fajar Ngalipaeng II dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di madrasah tersebut meliputi perencanaan (planning) dengan melibatkan unsur pimpinan serta guru madrasah dalam menyusun tata tertib madrasah, pengorganisasian (organizing) dengan mengagendakan rapat bersama stakeholder di awal tahun pelajaran dan pihak madrasah juga berkoordinasi dengan aparat kampung Ngalipaeng II guna menjaga ketertiban masyarakat khususnya para siswa madrasah, penggerakan (actuating) dengan menjadi guru teladan, memberikan punishment serta reward, pembinaan pada kegiatan ekstrakurikuler juga dilaksanakan seperti kegiatan Tadzkir siswa yang dilaksanakan setiap akhir bulan, shalat Dzuhur bersama, dan latihan seni Rabana. Terakhir pengawasan (controlling) dengan langsung melakukan pemantauan kegiatan yang diselenggarakan dan terlibat langsung dalam kegiatan tersebut. Kendala MTs Al-Fajar Ngalipaeng II dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di madrasah tersebut yaitu disebabkan oleh dua faktor. Faktor pertama ada di dalam diri siswa itu sendiri yaitu malas. Dan faktor kedua yaitu dari luar siswa yang mengikuti pergaulan luar remaja sehingga menimbulkan pengaruh yang tidak baik seperti merokok hingga terlibat dalam aksi tawuran antar remaja kampung. Kata kunci: Manajemen, Madrasah, Kedisiplinan, Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 05 Dec 2023 01:46
Last Modified: 05 Dec 2023 01:46
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1698

Actions (login required)

View Item View Item