PENERAPAN STRATEGI ICE BREAKING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 MOLINOW KOTA KOTAMOBAGU

Paputungan, Faizah Annisa (2023) PENERAPAN STRATEGI ICE BREAKING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 MOLINOW KOTA KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Ringkasan Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ringkasan Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Faizah Annisa Paputungan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Faizah Annisa Paputungan Nim : 19.2.1.043 Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Judul Skripsi : Penerapan Strategi Ice Breaking dengan Menggunakan Media Youtube dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Molinow Kotamobagu Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III di Sekolah Dasar Negeri 1 Molinow Kotamobagu dengan menerapkan strategi ice breaking dengan menggunakan media youtube. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Molinow Kotamobagu Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 23 orang, terdiri atas 13 orang laki-laki 10 orang perempuan dan guru wali kelas sebagai observator. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas peserta didik dan guru serta tes hasil belajar PKn. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II melalui pembelajaran dengan menerapkan strategi ice breaking menggunakan media youtube. Pada siklus I rata-rata penilaian aktivitas guru sebesar 3,71 (sangat baik) dan meningkat menjadi 4 (sangat baik), aktivitas peserta didik dalam pembelajaran sebesar 3 (baik) dan meningkat menjadi 3,71 (baik), dan peserta didik yang mengalami ketuntasan sebesar 65,2% meningkat menjadi 91,3% pada siklus II. Jadi, penerapan strategi ice breaking menggunakan media youtube dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn. Kata Kunci: Hasil Belajar, Ice Breaking

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 04 Dec 2023 07:16
Last Modified: 04 Dec 2023 07:16
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1693

Actions (login required)

View Item View Item