USING VIDEO CLIP TO IMPROVE VOCABULARY MASTERY AT MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTAMOBAGU

Badidi., Finqy Afifa (2021) USING VIDEO CLIP TO IMPROVE VOCABULARY MASTERY AT MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
THESIS FINQY AFIFA BADIDI.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRACT Finqy Afifa Badidi. 2021. Menggunakan Video Clip Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Di Madrasah Tsanawiyah 2 Kotamobagu Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Fakultas Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Manado. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata, mengetahui proses pembelajaran di dalam kelas dan respon siswa terhadap penggunaan media video klip. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2021 dan termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan dalam satu siklus, dan desain penelitian yang digunakan adalah model dari Kurt Lewin yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan. , observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 26 yang terdiri dari 12 laki-laki dan 14 perempuan, siswa kelas VIII B MTs N 2 Kotamobagu tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditunjukkan dengan peningkatan penguasaan kosakata, yaitu 75% dari jumlah siswa yang lulus Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 73. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari pra tindakan. ke siklus II. Penguasaan kosakata dengan menggunakan media klip video pada mata pelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Sebelum tindakan dilakukan, dari 26 siswa, 9 siswa mencapai ketuntasan (35%) dan 17 siswa (65%) belum mencapai ketuntasan. Setelah tindakan siklus I, 16 siswa (61%) tuntas dan 10 siswa yang belum tuntas (39%). Setelah tindakan siklus II, siswa yang mengalami ketuntasan sebanyak 25 siswa (96%) dan 1 siswa yang belum tuntas (4%). Hasil observasi aktivitas siswa meningkat pada setiap pertemuan pada siklus I dan II. pada 3 aspek yang diniliai, dari 26 siswa hanya 2 siswa yang memiliki kategori rendah. dan 24 siswa lainnya mendapatkan kategori baik atau sangat baik. Peningkatan ini terlihat dari, pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan video klip yang dapat menarik perhatian siswa. Respon siswa dengan penggunaan media klip video mendapatkan respon positive yaitu 86,4% mereka sudah memahami pentingnya penguasaan kosakata dalam bahasa Inggris. Kata Kunci: Penguasaan Kosakata, Video Klip, Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 04 Dec 2023 05:03
Last Modified: 04 Dec 2023 05:03
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1680

Actions (login required)

View Item View Item