UPAYA GURU PENDIDIKANAGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DI LINGKUNGAN KELUARGA KELURAHAN SUMOMPO KECAMATAN TUMINTING KOTA MANADO

Ternate, Yusra Uma (2023) UPAYA GURU PENDIDIKANAGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DI LINGKUNGAN KELUARGA KELURAHAN SUMOMPO KECAMATAN TUMINTING KOTA MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI YUSRA IAIN SELESAI 1.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Yusra Uma Ternate NIM : 16.2.3.031 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul Skripsi : Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan di Lingkungan Keluarga Kelurahan Sumompo Kecamatan Tuminting Kota Manado Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan di lingkungan keluargan serta apa saja kendala yang dihadapi guru dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan di lingkungan keluarga melalui “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Keagamaan di Lingkungan Keluarga Kelurahan Sumompo Kecamatan Tuminting Kota Manado.” Sebagaimana masalah keagamaan (akhlak) setiap anak berbeda-beda karena berasal dari latar belakang keluarga yang berbeda pula sehingga membentuk kepribadian yang beragam. Keluarga sebagai madrasah pertama untuk mengajarkan nilai-nilai keagamaan kepada anak sejak lahir sehingga baik buruknya ajaran dalam lingkungan keluarga pun membentuk bagaimana karakter seorang anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskritif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data teknik analisis data dalam kasus ini menggunakan analisis data kualitatif. Dalam hal ini peneliti merangkum, memilih pokok-pokok semua data yang telah ditentukan di lapangan mengenai upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan dilingkungan keluarga dan kemudian disajikan dalam bentuk uraian singkat pada sebuah laporan akhir penelitian, kemudian melakukan suatu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Pelaksanaan kegiatan dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan telah diterapkan dengan baik dan maksimal, upaya guru dalam memilih metode serta cara yang digunakan dalam mengajarkan keluarga mereka, tentunya semua upaya tidak terlepas dari dukungan keluarga serta keluarga yang kooperatif dalam menjalankan semua nilai-nilai keagamaan yang diterapkan. Kendala yang didapatkan selama proses penerapan nilai-nilai keagamaan adalah dari anak-anak di mana mereka memiliki kebiasaan yang menjadi rutinitas wajib seperti memegang Hp dan menggunakan media sosial, kendala selanjutnya adalah waktu pada anak informan yang telah bekerja. Kata kunci : Pendidikan Agama Islam, Nilai-nilai Keagamaan, Keluarga

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:26
Last Modified: 04 Dec 2023 02:26
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item View Item