PENGARUH HIDDEN CURRICULUM TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP IT HARAPAN BUNDA MANADO

Arbie, Khayrunnisa (2023) PENGARUH HIDDEN CURRICULUM TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP IT HARAPAN BUNDA MANADO. Masters thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
tesis Khayrunnisa arbie (ujian tesis).pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh Hidden Curriculum terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP IT Harapan Bunda Manado Khayrunnisa Arbie NIM. 21223006 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Hidden Curriculum terhadap pembentukan karakter peserta didik dan seberapa besar pengaruh hidden curriculum terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMP IT Harapan Bunda Manado. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP IT Harapan Bunda Manado yang berjumlah 82 siswa, dan merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner/angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Dalam mengupayakan pembentukan karakter peserta didik di SMP IT Harapan Bunda Manado menerapkan hidden curriculum baik dalam proses pembelajaran maupun cara berinteraksi antar warga sekolah. Misalnya saja penerapan pembiasaan- pembiasaan yang telah diprogramkan oleh sekolah. 2) hidden curriculum berpengaruh positif terhadap pembentukan karakter peserta didik di SMP IT Harapan Bunda Manado. Hal ini bisa dilihat dari hasil uji Statistik t, yakni Variabel Hidden curriculum dengan koefisien 0.493 kearah positif menunjukan bahwa Hidden curriculum mempunyai pengaruh positif terhadap Pembentukan Karakter. Kemudian nilai signifikan Hidden curriculum 0.000 lebih kecil dari 0.05 serta nilai t hitung 8.401 lebih besar dari t Table 1.990 sehingga dapat diambil kesimpulan Hidden Curriculum berpengaruh positif terhadap pembentukan karakter. Berlandaskan Uji Determinasi (R) dapat diambil kesimpulan nilai R Square sejumlah 0,469 hal ini bermakna bahwasanya pengaruh variabel Hidden Curriculum secara simultan terhadap variabel Pembentukan Karakter ialah sejumlah 46,9% sehingganya bisa dinyatakan pengaruh Hidden Curriculum terhadap pembentukan karakter koefisien determinasinya (R2) ialah berpengaruh simultan. Kata kunci : hidden curriculum, karakter siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 04 Dec 2023 01:33
Last Modified: 04 Dec 2023 01:33
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1668

Actions (login required)

View Item View Item