STUDENTS’ ANXIETY IN READING ALOUD AT MTs NEGERI 3 BOLAANG MONGONDOW TIMUR – SULAWESI UTARA

RISKI MOKOGINTA, MUHAMAD (2023) STUDENTS’ ANXIETY IN READING ALOUD AT MTs NEGERI 3 BOLAANG MONGONDOW TIMUR – SULAWESI UTARA. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
FULL SKRIPSI MUHAMAD RISKI MOKOGINTA TBI 19.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Muhamad Riski Mokoginta. (2023). Students’ Anxiety in Reading Aloud at MTs Negeri 3 Bolaang Mongondow Timur-Sulawesi Utara, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Manado. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan siswa dalam membaca nyaring dan cara guru mengatasinya. Metodologi penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah 15 siswa dan 1 guru bahasa Inggris kelas VIII-1 MTs Negeri 3 Bolaang Mongondow Timur-Sulawesi Utara. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga komponen utama penelitian kualitatif dari Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Berdasarkan temuan dan pembahasan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan siswa dalam membaca nyaring; disebabkan oleh faktor pribadi (Personal factors): khawatir tentang efek membaca (Worry about reading effects), takut membuat kesalahan (Afraid of making an error) dan juga disebabkan oleh fitur teks (Teks features); budaya asing (Unfamiliar culture), topik asing (Unfamiliar topic) dan kosakata yang tidak diketahui (Unknown vocabulary). Cara guru mengatasi kecemasan siswa dalam membaca nyaring adalah memaksimalkan efektivitas membaca dengan nyaring (Maximazing the effectiveness of reading aloud) (menentukan waktu membaca dengan nyaring (Times for reading aloud)), membaca dialogis (Dialogic reading) (Mendorong siswa untuk belajar sambil membaca buku secara aktif (Encourage students to learn while reading books actively) dan memberikan umpan balik dalam menggambarkan penggunaan bahasa lebih lanjut (Provide feedback illustrating more advanced language), menggunakan pembicaraan teks (Teks talk), referensi cetak (Print referencing), dan pratinjau (Previewing). Kata Kunci: Kecemasan Siswa, Membaca Nyaring

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:45
Last Modified: 30 Nov 2023 02:45
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1658

Actions (login required)

View Item View Item