IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MTs AN-NUR KALAWAT

ROSYADAH NURWIDJAYA KAMIL, ATHIYYAH (2023) IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MTs AN-NUR KALAWAT. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
1823052 Athiyyah skripsi full.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Athiyyah Rosyadah Nurwidjaya Kamil NIM : 1823052 Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi : Pendidikan Agama Islam Judul Skripsi : Implementasi Project Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak di MTs An-Nur Kalawat. Skripsi ini mengkaji tentang implementasi pembelajaran Akidah Akhlak berbasis project based learning dalam meningkatkan hasil belajar di MTs An-Nur Kalawat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTs An-Nur Kalawat. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di kelas VII dengan jumlah peserta didik sebanyak 24 orang pada semester 2 tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan test yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, kemudian diakhir siklus dilakukan penilaian dengan lembar hasil belajar serta lembar observasi dan dokumentasi untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi Asmaul Husna dan Akhlak Tercela Kepada Allah swt (Riya dan Nifaq). Teknik analisis data terbagi atas data kuantitatif yakni data hasil belajar, dan data kualitatif yakni lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mencapai KKM. Pada tahap pra siklus persentase ketuntasan belajar klasikal peserta didik yakni hanya sebanyak 25% (6 orang). Pada siklus I mulai meningkat sebanyak 50% (12 orang) dan pada siklus II peningkatan hasil belajar mencapai ketuntasan klasikal sebanyak 92% (22 orang). Tidak hanya hasil belajar, namun penerapan Project Based Learning juga dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran seperti pemecahan masalah, kerjasama, kreatifitas, keberanian mengungkapkan pendapat, dan kemampuan untuk berbicara didepan orang banyak melalui kegiatan presentasi. Kata kunci: Project Based Learning, Akidah Akhlak, Hasil Belajar, Aktivitas Peserta didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:36
Last Modified: 30 Nov 2023 02:36
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1657

Actions (login required)

View Item View Item