PENERAPAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH BIGO SELATAN BOLAANG MONGONDOW UTARA

Binol, Astria (2023) PENERAPAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH BIGO SELATAN BOLAANG MONGONDOW UTARA. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI REVISI ASTRIA BINOL.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Astria Binol Nim : 1921002 Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Judul Skripsi : Penerapan Metode Drill Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Bigo Selatan Bolaang Mongondow Utara Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Bigo Selatan Bolaang Mongondow Utara dengan menggunakan metode drill. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi aspek perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam PTK ini terdapat 2 siklus pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, dan setiap pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran (2 x 35 menit). Adapun subjek penelitian ini adalah kelas V dengan jumlah 18 peserta didik, terdiri atas 8 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode tes hasil belajar, dan metode dokumentasi. Jenis instrumen dalam penelitian ini menggunakan pretest, posttest dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif melalui observasi selama proses pembelajaran seperti lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik dan data kuantitatif melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian dengan penerapan metode drill pada mata pelajaran matematika kelas V pada siklus I, diperoleh peserta didik yang tuntas sebanyak 55,6%. pada siklus II hasil belajar peserta didik yang tuntas sebanyak 83,3% ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 27,7 % dan telah memenuhi standar KKM ≥ 70. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas V semester ganjil di Madrasah Ibtidaiyah Bigo Selatan Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci : Metode Drill, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 30 Nov 2023 00:37
Last Modified: 30 Nov 2023 00:37
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1637

Actions (login required)

View Item View Item