METODE MENGAJAR NABI MUHAMMAD SAW DALAM BUKU MUHAMMAD SANG GURU KARYA ABDUL FATTAH ABU GHUDDAH DAN RELEVANSINYA DENGAN GURU PENGGERAK

Ulmarira, Aulia (2023) METODE MENGAJAR NABI MUHAMMAD SAW DALAM BUKU MUHAMMAD SANG GURU KARYA ABDUL FATTAH ABU GHUDDAH DAN RELEVANSINYA DENGAN GURU PENGGERAK. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI FULL AULIA ULMARIRA-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Aulia Ulmarira NIM : 18.2.3.074 Program Studi : Pendidikan Agama Islam (PAI) Judul : Metode Mengajar Nabi Muhammad SAW dalam buku Muhammad Sang Guru Karya Abdul Fattah Abu Ghuddah dan Relevansinya dengan Guru Penggerak. Skripsi ini mengkaji mengenai metode mengajar Nabi Muhammad SAW. dalam buku Muhammad Sang Guru karya Abdul Fattah dan relevansinya dengan guru penggerak. Metode mengajar merupakan cara guru yang dipakai dalam menyajikan bahan ajar pada siswa di mana seorang guru bisa melakukan perubahan terhadap kemampuan siswa dari yang kesulitan untuk memahami atau mempelajari sesuatu menjadi lebih mudah mempelajarinya. Adapun guru penggerak adalah guru yang lebih mengutamakan siswanya dari apapun, terbiasa bertindak tanpa disuruh untuk menyediakan lingkungan belajar yang terbaik bagi siswanya dan didukung oleh pembelajaran yang berpusat pada siswa (SCL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode mengajar Nabi Muhammad SAW., dalam buku muhammad sang guru karya Abdul Fattah serta menganalisis bagaimana relevansinya dengan guru penggerak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (library research) sebuah riset yang mempelajari atau menganalisis beraneka macam buku referensi dan juga hasil penelitian terdahulu yang serupa berfungsi mendapatkan landasan teori berkenaan dengan topik. Metode pengumpulan data yakni dengan dokumentasi, mencari informasi atau data berbentuk buku atau sumber tertulis lainnya yang relevan dan analisis data yang digunakan adalah content analysis (analisis isi). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1) Metode dialog, tanya jawab, metode bertanya, metode kisah, metode perumpamaan, metode analogi, metode nasihat, metode targhib & tarhib, metode deduktif, metode memberi jawaban lebih, metode melimpahkan jawaban pada siswa, metode mengalihkan jawaban pertanyaan pada siswa, menekankan pelajar dengan sumpah, metode pengulangan, metode memberi faedah tanpa ditanya, metode memberi mukadimah (2) Metode dialog dan tanya jawab, metode mengalihkan jawaban pertanyaan pada siswa, metode dialog dan berpikir logis. Metode ini lebih menekankan terhadap aktivitas siswa dalam belajar menunjukkan siswa berpartisipasi aktif sebagaimana pembelajaran yang berpusat pada siswa. Kata Kunci : Metode Mengajar, Nabi Muhammad saw., Guru Penggerak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Studi Keagamaan > Studi Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:36
Last Modified: 29 Nov 2023 06:36
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1632

Actions (login required)

View Item View Item