Yati Tasin, Rani (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH PENGGERAK TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KOTA MANADO. Masters thesis, IAIN MANADO.
Text
Tesis rani.pdf Download (2MB) |
Abstract
Program Sekolah Penggerak merupakan contoh pengimplementasian dari kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang mengedepankan hasil belajar peserta didik berdasar pada profil pelajar Pancasila. Sejalan dengan perkembangan kurikulum merdeka, diperlukan kesiapan seluruh pihak pendidikan dalam pengimplementasiannya. Penelitian ini membahas tentang tahapan implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak dari segi perencanaan, pelaksanaan serta penilaiannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan informan penelitian adalah Guru sasaran implementasi kurikulum merdeka, Kepala Sekolah, Guru Agama serta kabid pembinaan SD Kota Manado. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sedangkan tehnik keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta verifikasi. Penelitian ini meghasilkan temuan bahwa perencanaan implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak diawali dengan menganilisis tingkat kesiapan SDM serta sarana prasana, pelatihan peningkatan kompetensi SDM serta Menyusun KOSP. Pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka dilakukan melalui tiga kegiatan utama yaitu intrakurikuler, kokurikulerdan ekstrakurikuler, sedangkan penilaian dilakukan melalui penilaian formatif, sumatif dan diagnostik. Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum Merdeka, Sekolah Penggerak
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 05:13 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 05:13 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1624 |
Actions (login required)
View Item |