THE FORMS AND IMPACT OF CODE-MIXING IN SPEAKING LESSON

Rahmawati Husna, Vera (2023) THE FORMS AND IMPACT OF CODE-MIXING IN SPEAKING LESSON. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Full skripsi Vera Husna.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, yang pertama adalah bentukbentuk campur kode antara Bahasa Inggris dan Bahasa Manado dalam pelajaran berbicara yang digunakan di kelas VIII Taksifik MTs Negeri 1 Manado. Kedua, dampak penggunaan campur kode tersebut. Rancangan penelitian ini adalah metode kualitatif yang dilakukan dengan observasi dan wawancara yang ditujukan kepada 16 siswa dan 1 guru di MTs Negeri 1 Manado. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Inggris di Manado dilakukan dengan menggunakan campur kode antara bahasa Inggris dan bahasa daerah dari segi kata, frasa, dan klausa. Campur kode berupa kata terjadi sebanyak 30 kata, campur kode berupa frasa sebanyak 9, dan campur kode berupa klausa 6. Penggunaan campur kode yang dominan dalam penelitian ini adalah campur kode dalam bentuk kata sandi. Penggunaan campur kode dalam pembelajaran berdampak pada siswa. dengan menggunakan campur kode siswa merasa lebih santai, berani, dan antusias di kelas bahasa Inggris. Mereka juga merasa lebih percaya diri dan termotivasi untuk berbicara bahasa Inggris. Kata Kunci: bentuk, campur kode, berbicara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2023 05:01
Last Modified: 29 Nov 2023 05:01
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1622

Actions (login required)

View Item View Item