MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP ISLAM YAPIM MANADO

NISA, CHAIRUN (2023) MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VIII SMP ISLAM YAPIM MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Revisi Skripsi Chairun Nisa Distribusi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan tentang bagaimana minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam serta bagaimana upaya guru dalam meningkatkannya. Selain itu, penelitian ini juga mengkaji kendala-kendala yang menjadi penghambat guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini berlokasi di SMP Yapim Manado, Sulawesi Utara khususnya pada siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini juga melakukan analisis data dan pengecekan keabsahan data. Penelitian ini menemukan bahwa masih banyak siswa kelas VIII di SMP Islam Yapim Manado yang kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam. Ini terlihat pada saat proses kegiatan belajar mengajar di kelas, siswa ada yang tidak memperhatikan, ngobrol dengan teman, keluar masuk kelas, tidak mengerjakan tugas, ada beberapa siswa yang tidak bisa baca tulis Alquran. Untuk itu upaya guru pendidikan agama Islam di SMP Yapim Manado dalam membangkitkan minat belajar siswa kelas VIII SMP Yapim Manado adalah memanfaatkan minat-minat yang telah ada pada diri setiap siswa, membuat kreasi tertentu sesuai materi pembelajaran, dan melibatkan langsung siswa dalam kegiatan pembelajaran. Sementara untuk membangkitkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Yapim Manado, guru pendidikan agama Islam tersebut berupaya untuk memberikan reward, memberikan hukuman, dan menjadikan kompetisi antar siswa di kelas. Kendala bagi guru pendidikan agama Islam dalam membengkitkan minat dan motivasi belajar siswa di SMP Yapim Manado terdiri dari faktor internal, faktor institusional dan faktor eksternal. Faktor internal siswa adalah sifat malas siswa dalam mengikuti pembelajaran, faktor institusional yang terjadi pada lingkungan institusi yaitu masih kurangnya sarana belajar seperti proyektor dan buku ajar, dan faktor eksternal yang melingkupi keluarga siswa. Kata kunci: Minat, Motivasi, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:50
Last Modified: 29 Nov 2023 04:50
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1620

Actions (login required)

View Item View Item