MOKOAGOW, HERAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IVMADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA BAITUL MAKMUR KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
skripssssssssiikuuuuuu.pdf Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV Madrasah ibtidaiyah Swasta Baitul Makmur Kotamobagu” adapun pokok permasalahan dari peneliti yang di bahas dalam skripsi ini yaitu: Apakah dengan menerapkan model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Baitul Makmur Kotamobagu. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV dengan menerapkan model pembelajaran konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian ini peserta didik kelas IV, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian adalah peserta didik kelas 4 dan guru matematika. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yaitu data kuantitatif berupa data hasil belajar peserta didik dan dan kualitatif berupa aktivitas guru dan peserta didik. Hasil penelitian ini di peroleh bahwa Penerapan model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika siswa kelas IV madrasah ibtidaiyah swasta baitul makmur kotamobagu, dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik, jadi dalam pembelajaran anak-anak sangat tertarik dengan model pembelajaran konstruktivisme. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil belajar peserta didik meningkat. Kata Kunci: Pembelajaran Konstruktivisme
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 04:50 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 04:50 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1615 |
Actions (login required)
View Item |