TATULUS, MUHAMMAD SANJAI (2023) PERAN TOKOH AGAMA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA MASYARAKAT NELAYAN DESA BINUANG KOTA BITUNG. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
Skripsi .pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peran tokoh agama dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada masyarakat nelayan Desa Binuang, 2) Faktor penghambat dan pendukung tokoh agama dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Desa Binuang.Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yang terdiri dari tokoh agama dan masyarakat nelayan sedangkan data sekunder meliputi data penduduk dan data kepala kelurahan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data serta kesimpulan/verivikasi data. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa peran tokoh agama dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada masyarakat nelayan Desa Binuang adalah 1) Sebagai pembimbing dan pendidik bagi masyarakat nelayan terhadap nilai-nilai pendidikan Islam, memfasilitasi ibadah, meningkatkan kesadaran sosial, menyelesaikan konflik, dan membangun jaringan sosial. Faktor penghambat yang dihadapi tokoh agama dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama yaitu 2) Minimnya akses informasi, kurangnya pendidikan formal, serta tantangan kondisi geografis. Faktor pendukung yaitu 3) Kepercayaan masyarakat terhadap tokoh agama, keterlibatan aktif tokoh agama dalam kegiatan keagamaan, dan adanya kerja sama yang baik dengan pemerintah setempat. Katakunci:Tokoh Agama, Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Masyarakat Nelayan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 04:51 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 04:51 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1613 |
Actions (login required)
View Item |