Hasan, Jamaludin (2023) PERSEPSI DOSEN FEBI TERHADAP LOGO HALAL BARU (Tinjauan Perilaku Konsumen Muslim). Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
Skripsi Jamaludin Hasan new.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tampilan logo halal baru yang di resmikan di awal tahun 2022 menjadi isu hangat masyarakat Indonesia yang ramai di perbincangkan mulai dari kalangan pembuat kebijakan, akademisi, hingga masyarakat umum. Tulisan ini bertujuan untuk melihat persepsi dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Manado terkait pandangan mereka terhadap tampilan logo halal baru yang di tinjau dari teori perilaku konsumen Muslim. Metode kualitatif deskriptif di gunakan dalam penelitian ini melalui interview dengan 8 dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Manado, peneliti kemudian memaparkan secara seksama terkait persepsi dosen FEBI terhadap logo halal baru yang mengacu pada teori perilaku Konsumen Muslim. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa 5 dari 8 dosen kurang setuju dengan tampilan logo halal baru berdasarkan pertimbangan perilaku konsumen muslim yang melihat bahwa logo halal sebelumnya memberikan kemudahan bagi konsumen muslim dari berbagai kalangan dalam mengenal produk halal berdasarkan tulisan atau simbol arab (keislaman) yang jelas dan mudah untuk dikenali. Sedangkan, 3 lainnya memberikan tanggapan sebaliknya yakni menyukai tampilan baru logo halal baru berdasarkan nilai estetika dari preferensi konsumen Muslim. Dapat disimpulkan bahwa kebanyakan dosen FEBI IAIN Manado cenderung memilih tampilan logo halal lama yang memberikan kemudahan dalam mengenali produk dengan simbol arab (keislaman) yang jelas dan mudah untuk dikenali oleh semua kalangan masyarakat. Kata kunci : Logo Halal, Perilaku konsumen Muslim, Persepsi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Hukum > Hukum Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 06:05 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 06:05 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1591 |
Actions (login required)
View Item |