PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN INPRES TALAWID KECAMATAN KENDAHE KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE

AZIZA DURUMIAS, NURUL (2023) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN INPRES TALAWID KECAMATAN KENDAHE KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI FULL.docx

Download (26MB)

Abstract

Skripsi ini membahas Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Inpres Talawid Kecamatan Kendahe Kabupaten Kepulauan Sangihe, dengan rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan metode demonstrasi berbasis media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada maata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Inpres Talawid, tujuannya untuk mengetahui bagaimana penerapan metode demontrasi berbasis media audio visual mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Inpres Talawid, dengan manfaat teori dan manfaat praktis. Metode penelitian yang digunakan, yakni penelitian tindakan kelas, lokasi penelitian yaitu di SDN Inpres Talawid Kecamatan Kendahe Kabupaten Kepulauan Sangihe, dengan waktu penelitian selama satu bulan. Sumber data yaitu primer dan sekunder. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data terdiri dari lembar observasi dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan melalui satu siklus yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya, yaitu perencanan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dapat peneliti simpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi berbasis media audio visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI di SDN Inpres Talawid Kecamatan Kendahe Kabupaten Kepulauan Sangihe, dapat dikatakan berhasil mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Setelah dilakukan penerapan metode demontrasi pada mata pelajaran PAI maka terlihat mengalami peningkatan pada penelitian tindakan kelas, diketahui pada pra siklus hasil belajar peserta didik memperoleh sebesar 46,66% dan peningkatannya yaitu sebesar 86,66%. Kemudian hasil observasi pada penelitian tindakan kelas telah memenuhi kriteria ketuntasan yaitu 81,11%. Dengan demikian pada penelitian tindakan kelas telah berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik dan telah mencapai kriteria ketuntasan belajar ≥85%. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, PAI, Hasil Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 29 Nov 2023 05:58
Last Modified: 29 Nov 2023 05:58
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1584

Actions (login required)

View Item View Item