IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SD COKROAMINOTO POYOWA BESAR SATU KOTA KOTAMOBAGU

Farahisha, Reva Hidayati (2021) IMPLEMENTASI FULL DAY SCHOOL PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SD COKROAMINOTO POYOWA BESAR SATU KOTA KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI REVA H. FARAHISHAa.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Reva Hidayati Farahisha NIM : 16.2.1.028 FakultaS : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Judul Skripsi : Implementasi Full Day School pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di Kelas V SD Cokroaminoto Poyowa Besar Satu Kota Kotamobagu Skripsi ini mengkaji tentang, “Implementasi Full Day School pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di Kelas V SD Cokroaminoto Poyowa Besar Satu Kota Kotamobagu”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi full day school pada system pembelajaran dan apa saja problematika dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) System Full Day School di SD Cokroaminoto Poyowa Besar satu, Kotamobagu. Subyek penelitian ini berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif, yang berupa observasi, wawancara dan pengambilan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Berlakukannya full day school di SD Cokroaminoto Poyowa Besar 1 tidak hanya diperuntukan untuk pembelajaran akan tetapi dilakukan dalam mengawal dan memperhatikan setiap perkembangan bakat dari siswa itu sendiri, sehingganya guru dapat menjadi solusi dalam perkembangan bakat siswa, Full day School adalah salah satu solusi untuk membentuk akhlak dan adab Islami siswa, Memberi bekal agama yang cukup kepada peserta didik agar tidak mudah terpengaruh dengan budaya lingkungan yang tidak Islami, Untuk mencapai dan memenuhi program jaminan mutu sekolah, Mengoptimalkan tugas guru di sekolah dalam mengajar, melatih, mendidik, membimbing, mengasihi, mengasah dan mengasuh siswa, Untuk tercapainya standar kelulusan SD Cokroaminoto Poyowa Besar Satu . Kendala yang dialami SD Cokroaminoto Poyowa Besar 1 dalam pembelajaran system full day school siswa kelas V diantaranya yang pertama Terdapat beberapa siswa baru yang masih belum bisa menyesuaikan diri dengan jam pembelajaran yang diberlakukan oleh sekolah System Full Day School. Kedua Pada saat pelaksanaan pembelajaran terkadang ditemui siswa yang merasa kelelahan atau bosan karna seharian berada di sekolah serta masih ada orang tua yang masih merasa keberatan dalam penerapan kebijakan Full Day School Kata kunci: implementasi full day school, pendidikan agama Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:25
Last Modified: 28 Nov 2023 03:25
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1571

Actions (login required)

View Item View Item