PENGARUH FAKTOR SOSIAL, PRIBADI, MOTIVASI TERHADAP PEMBELIAN GULA AREN SEMUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH PADA UD. ARYA KRISNA MOYAG KOTAMOBAGU

MAHMUD, DODY (2023) PENGARUH FAKTOR SOSIAL, PRIBADI, MOTIVASI TERHADAP PEMBELIAN GULA AREN SEMUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH PADA UD. ARYA KRISNA MOYAG KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
TESIS DODY MAHMUD.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh faktor sosial, pribadi, motivasi yang paling dominan terhadap pembelian Gula Aren Semut di UD. Arya Krisna Moyag Kotamobagu Peneltian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan survey penelitian sampel dari suatu populasi konsumen UD. Arya Krisna Gula Aren semut dengan populasi 2940 dari 4 kecamatan yang ada dikotamobagu sehingga dengan menggunakan rumus slovin maka jumlah responden dalam penelitian ini 97 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, reabilitas, normalitas dan asumsi kalsik dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan pada perhitungan regresi maka dapat ditarik kesimpulan berdasarkan dalam perhitungan hasil uji t faktor sosial (X1) t hitung sebesar 28.118 > t tabel 1,661 dan nilai signifikansi (sig) 0.000<0,010 yang artinya bahwa faktor sosial (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Uji t faktor Pribadi (X2) t hitung sebesar 3.007 > t tabel 1,661 dan nilai signifikan (sig) 0,003 < 0,10 yang artinya faktor pribadi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Dan hasil Uji t faktor motivasi (X3) t hitung 1.474 > 1,661dan signifikan (sig) 0,163 > 0,10 sehingga faktor motivasi (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sehingga faktor sosial (X1) yang paling dominan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil Uji Simultan Uji f dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor sosial, faktor pribadi, faktor motivasi berpengaruh bersama- sama simultan terhadap keputusan pembelian Produk Gula Aren Semut. Ada beberapa hal dalam penelitian ini perilaku konsumen yang belum sesuai dengan prinsip-prinsip Ekonomi Islam diantaranya sebagai berikut: Keesaan (Tauhid/Unity), Keseimbangan (Keadilan /Equilibrium) , Kehendak Bebas (Ikhyiyar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:14
Last Modified: 28 Nov 2023 03:14
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1566

Actions (login required)

View Item View Item