IMPLEMENTASI KAGIATAN MTQ DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADITS DI MTs ALKHAIRAAT BINTAUNA

Alamri, Fatha (2023) IMPLEMENTASI KAGIATAN MTQ DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADITS DI MTs ALKHAIRAAT BINTAUNA. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI FATHA ALAMRI, NIM 19.2.3.049 (2).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan implementasi kegiatan MTQ dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits khususnya di MTs Al- Khairaat Bintauna. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini yakni; Kepala Sekolah, 3 Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits, dan 7 Orang Siswa yang pernah mengikuti kegiatan MTQ, dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapati terkait bentuk dan implementasi kegiatan MTQ dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pejaran Al-Qur’an Hadits, antaranya; MTs Al- Khairaat Bintauna mengikutsertakan para peserta didik dalam kegiatan MTQ seperti Fahmil Qur’an, Hafalan Surah, Syarhil Qur’an, Kaligrafi, dan Puitisasi Al- Qur’an dengan pembinaan dan juga latihan yang dibimbing langsung oleh guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Adapaun implementasi yang dilakukan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, yakni; para peserta didik lebih mudah menghafal ayat Al-Qur’an dan Hadits, mudah memahami hukum bacaan Al-Qur’an dan Hadits, serta mudah memahami kandungan ayat Al-Qur’an dan Hadits, serta memiliki faktor penghambat dan pendukung di dalam melaksanakan kegiatan MTQ. Faktor penghambatnya yakni; belum adanya pelatih dan jadwal secara khusus, dan masih ada beberapa siswa yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an. Sedangkan untuk faktor pendukungnya yakni; memiliki guru yang bisa diandalkan untuk membimbing siswa dalam kegiatan MTQ, membiasakan melakukan latihan atau bimbingan selepas belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, dan terakhir mendapatkan nilai tambahan dari guru serta mendapat apresiasi dari Kepala Sekolah. Kata Kunci : Implementasi Kegiatan MTQ, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadits

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:05
Last Modified: 28 Nov 2023 03:05
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1563

Actions (login required)

View Item View Item