PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH TANAMON KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Tompunu, Mirnawati (2021) PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH TANAMON KABUPATEN MINAHASA SELATAN. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI MIRNAWATI TOMPUNU FIX (2).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK xiv Nama : Mirnawati Tompunu NIM : 17.2.4.010 Program Studi : Manajemen Pendidikan Islam Judul Skripi : Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran di Madrasah Aliyah Tanamon Kabupaten Minahasa Selatan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi Kepala Madrasah untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran, untuk mengetahui bagaimana kinerja guru dalam pembelajaran di Madrasah Aliyah dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung, faktor penghambat dan solusinya pelaksanaan supervisi Kepala Madrasah untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli-September 2021 di Madrasah Aliyah Tanamon Kabupaten Minahasa Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini informan yang diambil yaitu Kepala Madrasah, tiga orang guru sekaligus wali kelas dan tiga orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, bahwa pelaksanaan supervisi Kepala Madrasah untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajarandi Madrasah Aliyah Tanamon Kabupaten Minahasa Selatan ini telah dilakukan dengan sangat baik dan teratur. Kemudian faktor pendukungnya yakni sebuah perhatian berupa memberikan dukungan, motivasi dan arahan.Faktor penghambatnya adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai dan juga kurangnya sumber daya manusia (SDM) sehingga masing-masing guru itu mengajarkan pelajaran lebih dari satu mata pelajaran. adapun solusi yang dilakukan oleh Kepala Madrasah yaitu dengan mengadakan atau menyediakan hambatan yang ada yaitu sarana dan prasarana dan juga Kepala Madrasah mengadakan sumber daya manusia dengan itu segala tugas yang diberikan oleh Kepala Madrasah kepada staf dewan guru akan lebih fokus dengan satu mata pelajaran. kata kunci : Supervisi, Kepala Madrasah, dan Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:01
Last Modified: 28 Nov 2023 03:01
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1559

Actions (login required)

View Item View Item