PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMA NEGERI 1 AIRMADIDI

ARYANTI, ARYANTI (2023) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMA NEGERI 1 AIRMADIDI. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI ARYANTI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar PAI peserta didik di SMA Negeri 1 Airmadidi. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan analisis regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 55 peserta didik dan sampel sebanyak 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan bantuan IMB SPSS Statistics 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengaruh signifikan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar PAI peserta didik. Hal ini dapat dijelaskan hasil persamaan regresi linear sederhana menunjukkan bahwa koefisien variabel gaya mengajar guru pada model persamaan Ŷ = -31,922 + 1,652 X. Hal tersebut menunjukan bahwa jika tidak ada gaya mengajar guru (X) maka nilai hasil belajar peserta didik adalah -31,922. Sedangkan koefisien dari gaya mengajar guru yaitu 1,652, artinya dengan mengasumsikan skor gaya mengajar guru meningkat 1 poin maka nilai hasil belajar PAI akan mengalami kenaikan sebesar 1,652. Berdasarkan hasil uji signifikansi diperoleh nilai Fhitung 39,641 > Ftabel 3,32 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,005 maka dapat dikatakan bahwa variabel gaya mengajar guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PAI maka H0 ditolak artinya ada pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar PAI. Kata Kunci: Gaya Mengajar Guru, Hasil Belajar PAI

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 28 Nov 2023 02:45
Last Modified: 28 Nov 2023 02:45
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1556

Actions (login required)

View Item View Item