PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMK COKROAMINOTO KOTAMOBAGU

Golonggom, Fazrul Falaq (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMK COKROAMINOTO KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Skripsi Fazrul Golonggom PDF-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di SMK Cokroaminoto Kotamobagu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apa krisis religiusitas dikalangan siswa di SMK Cokroaminoto Kotamobagu dan bagaimana Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMK Cokroaminoto Kotamobagu Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode Pengumpulan data dalam hal ini yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Adapun teknik pengolahan kemudian analisis datanya melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Serta pengujian keabsahan data menggunakan uji kreadibilitas. Krisis religiusitas di SMK Cokroaminoto Kotamobagu sangat berpengaruh adalah krisis di dalam pengetahuan agama, karena kurangnya pengetahuan tentang agama, pergaulan di lingkungan yang salah, kurangnya perhatian dari orang tua dan sebagainya. Sehingga ada siswa yang melanggar aturan sekolah yaitu siswa yang tidak sopan kepada guru, berkata kasar/kotor, agresif/membentak guru, dan siswa yang merokok. Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter religius siswa ada 3 aspek peningkatan karakter yaitu peran guru dalam pemilihan materi, strategi/metode, dan juga penilaian. Dari segi materi yang guru terapkan yaitu aku selalu dekat dengan Allah SWT, menghindari akhlak mazmumah dan membiasakan akhlak mahmudah, kejujuran sebagai cermin kepribadian, patuh dan hormat kepada kedua orang tua dan guru. Kemudian strategi yang digunakan kepada siswa yaitu dengan strategi pembiasaan dan metode keteladanan, dan aspek penilaian guru adalah penilaian secara individu dan juga penilaian secara tertulis yaitu pada nilai hasil akhir (Raport). Dan melaksanakan kegiatan di luar jam pembelajaran seperti kegiatan hari-hari besar Islam seperti halal bihalal, isra’ mi’raj, dan maulid nabi Muhammad SAW. Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 28 Nov 2023 02:21
Last Modified: 21 Dec 2023 04:07
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1553

Actions (login required)

View Item View Item