PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PJOK MATERI PERMAINAN SEPAK BOLA MINI DI KELAS V SDN 1 TOMBOLIKAT

Meliyanti, Mokodompit (2023) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PJOK MATERI PERMAINAN SEPAK BOLA MINI DI KELAS V SDN 1 TOMBOLIKAT. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
skripsi full melly.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament di SDN 1 Tomnolikat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V dengan penerapan model cooperative learning tipe team games tournament. Penelitian dilakukan berdasarkan rumusan masalah yang dibuat, yaitu: Apakah penerapan model cooperative learning tipe team games tournament dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PJOK materi permainan sepak bola Mini di kelas V SDN 1 Tombolikat?. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan untuk mengetahui akibat tindakan yang diterapkan pada suatu subyek penelitian di kelas. Data diperoleh dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengatakan bahwa penerapan Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament dalam pembelajaran PJOK dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari gambaran persiklus, dimulai dari prasiklus, siklus I sampai pada siklus II, dimana terdapat peningkatan yang mengarah kepada hasil belajar siswa yang lebih baik. Selain itu penerapan Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament membentuk strategi agar siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Adanya unsur permainan membuat siswa tidak merasa jenuh ketika belajar, sehingga dapat membantu siswa untuk lebih memahami materi belajar dengan cepat. Kata kunci: Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament, Hasil belajar, PJOK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 28 Nov 2023 02:14
Last Modified: 28 Nov 2023 02:14
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1550

Actions (login required)

View Item View Item