Imango, Rifaldi (2023) PENGELOLAAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA DI SMA NEGERI 1 KOTABUNAN BOLAANG MONGONDOW TIMUR. Diploma thesis, IAIN Manado.
Text
Rifaldi_SKRIPSI_NEW_-_A1298.doc Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama penyusun : Rifaldi Imango NIM : 16.2.4.027 Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan : Manajemen Pendidikan Islam Judul Skripsi : Pengelolaan Mutu Pendidikan Agama di SMA Negeri 1 Kotabunan Penelitian ini mengkaji tentang Pengelolaan Mutu Pendidikan Agama di SMA Negeri 1 Kotabunan. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk menegtahui 1) Bagaimana perencanaan mutu pendidikan agama di SMA Negeri 1 Kotabunan, 2) Bagaimana cara pengorganisasian mutu pendidikan agama di SMA Negeri 1 Kotabunan, 3) Bagaimana tindakan sekolah dalam pengelolaan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Kotabunan, 4) Siapa saja yang melakukan control pengelolaan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Kotabunan. Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan kualitatif deskriptif dengan meneliti langsung ke lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dalam bentuk naratif dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Perencanaan mutu pendidikan Agama di SMA Negeri 1 Kotabunan, Untuk mata pelajaran agama itu, mata pelajaran wajib. Jadi seharusnya mutunya di harapkan maksimal,tapi sampai saat ini guru Agama Islam itu yang di tempatkan oleh pemerintah, tidak ada. guru Agama Islam sekarang ini masih berstatus guru honorer, sebab itu untuk hasil maksimal mutu yang di harapkan belum bisa di capai. 2) Cara pengorganisasian mutu pendidikan agama di SMA Negeri 1 Kotabunan Pengorganisasian mutu pendidikan agama itu, sudah di atur jadwalnya. Kemudian yang beragama Islam diberikan kebebasan dalam mngembangkan atau meningkatkan sesuai dengan ajarannya dan juga kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan kurikulum yang ada. begitu juga dengan Agama Kristen diberikan kebebasan atau peluang untuk mengembangkan dan meningkatkan pendidikan Agama sesuai dengan keyakinan masing-masing. 3) Tindakan sekolah dalam pengelolaan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Kotabunan Bicara tentang bagaimana cara pengelolaan peningkatan mutu, pertama itu fasilitas Musholah itu ada, tapi yang jadi hambatannya disitu airnya. kadang air di Musholah itu mati, maka dari itu mereka melakukan jalur alternatif agar supaya siswa tidak punya alasan lagi untuk tidak sholat, mereka membuat sumur bor. Kata Kunci: Mutu, pendidikan, agama
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 02:07 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 02:07 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1545 |
Actions (login required)
View Item |