UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MARDHATILLAH KINILOW KOTA TOMOHON

Iskandar, Euis Jainah (2023) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MARDHATILLAH KINILOW KOTA TOMOHON. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI FULL (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MIS Mardhatillah Kinilow Kota Tomohon. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Bentuk kesulitan belajar Matematika Siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mardhatillah Kinilow Kota Tomohon; (2) upaya guru mengatasi kesulitan belajar Matematika Siswa di MIS Mardhatillah Kinilow; (3) Faktor penghambat yang dihadapi guru dalam mengatasi kesulitan Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mardhatillah Kinilow Kota Tomohon pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjeknya yaitu siswa kelas IV dan guru kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mardhatillah Kinilow Kota Tomohon. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data menggunakan model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) bentuk-bentuk kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika yaitu: kesulitan memahami materi pembelajaran, siswa kurang menguasai keterampilan berhitung dan kurangnya alat peraga yang digunakan. 2) upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada peserta didik kelas IV antar lain: memastikan kesiapan anak untuk belajar matematika, konsep dasar berhitung dikuatkan dengan cara: memberikan tugas di kelas dan memberikan belajar tambahan dan pemakaian media pembelajaran yaitu memakai alat peraga. 3) faktor-faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika berasal dari Faktor internal; siswa kurang berminat untuk belajar matematika dan kurangnya motivasi dari pendidik, Faktor Eksternal siswa yaitu: a) lingkungan keluarga; dimana kurangnya perhatian serta bimbingan orangtua dalam proses perkembangan anaknya; b) lingkungan sekolah; kondisi tempat belajar adanya gangguan kebisingan yang berasal dari aktivitas lalu lintas. suara knalpot truk, motor yang sering terdengar hingga ke dalam ruang kelas dan; c) kondisi pendidik; yang kurang menguasai materi pembelajaran dan kurang melibatkan peserta didik dalam mengikuti setiap tahap pembelajaran. Kata Kunci : Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:37
Last Modified: 28 Nov 2023 01:37
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1538

Actions (login required)

View Item View Item