STRATEGI SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MTs NEGERI 2 BOLAANG MONGONDOW TIMUR

Qiun, Muhamad Tesar (2023) STRATEGI SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MTs NEGERI 2 BOLAANG MONGONDOW TIMUR. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI Muhamad Tesar Qiun 1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Supervisi mengandung arti melihat, meninjau dari atas atau menilik dan menilai dari atas yang dilakukan oleh pihak atasan terhadap aktivistas, daya cipta, dan kinerja bawahan. Agar tujuan pendidikan bisa tercapai yaitu dengan mengoptimalkan kepemimpinan kepala madrasah, karena kepemimpinan kepala madrasah sangat berpengaruh dalam pencapaian tujuan pendidikan. Jadi kepala madrasah juga sangat berperan dalam peningkatan profesionalitas guru. Yang menjadi potensi bagi guru di MTs Negeri 2 Bolaang Mongondow Timur adalah untuk mengembangkan keprofesionalitasan dalam mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan supervisi dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs Negeri 2 Bolaang Mongondow Timur. untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs Negeri 2 Bolaang Mongondow Timur. untuk mengetahui bagaimana kompetensi profesionalitas guru di MTs Negeri 2 Bolaang Mongondow Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif pendekatan deskriptif. Sebjek penelitianya meliputi kepala madrasah, wakil kepala madrasah, dan guru mapel ujian nasional. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa, kepala madrasah melakukan persiapan dalam pengelolaan para guru demi tercapainya profesionalitas kerja, kepala madrasah melakukan persiapan dalam peningkatan profesionalitas guru yaitu dengan melakukan musyawarah atau rapat terhadap para guru terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, juga para staf dan guru. Kemudian dalam pengarahanya memberikan arahan kepada para guru, dan melakukan pembinaan sekaligus motivasi terhadap para guru, selebihnya parr guru akan terjun langsung dalam memberikan pelajaran, memberikan arahan dan memberikan bimbingan kepada peserta didik, kemudian kepala madrasah bertugas melakukan kontroling terhadap peserta didik dan para guru. Adapun kendalanya yaitu kurangnya guru PNS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 16:40
Last Modified: 27 Nov 2023 16:40
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1532

Actions (login required)

View Item View Item