PENGARUH VOUCHER GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI E-COMMERCE SHOPEE (Studi Mahasiswa FEBI Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan 2018)

Salsabilla, Dinda (2022) PENGARUH VOUCHER GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI E-COMMERCE SHOPEE (Studi Mahasiswa FEBI Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan 2018). Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI PERPUS DINDA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang pengaruh Voucher gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian produk di e-commerce Shopee. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Voucher gratis ongkos kirim berpengaruh terhadap keputusan produk di e-commerce Shopee. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh Voucher gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian produk di e-commerce Shopee. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sebagai populasi dan sampelnya adalah Mahasiswa FEBI program Studi ekonomi syariah Angkatan 2018 sebanyak 34 orang dengan menggunakan metode non probability sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis yang menggunakan uji korelasi, koefisien determinasi (R2 ) dan uji regresi linear sederhana. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa Voucher gratis ongkos kirim berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk di e-commerce Shopee. Dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan Teknik Koefisien Determinasi (R2 ) menunjukkan koefisien antara variabel X (Voucher gratis ongkos kirim) dan Y (keputusan pembelian) sebesar 0,611 atau 61,1%, yang artinya bahwa pengaruh voucher gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 78,2 % menurut hasil pengujian ini sisanya (100 % - 78,2 % = 21,8 % ) dipengaruh variabel lain yang tidak diteliti, dan pengaruh positif antara voucher gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian produk sebesar 1,252 > 0,05, artinya voucher gratis ongkos kirim berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk di e-commerce shopee dikarenakan shopee memberikan potongan biaya pengiriman kepada konsumen sehingga konsumen tertarik untuk melakukan pembelian produk di e-commerce shopee, maka H0 ditolak dan Ha diterima, Kata Kunci : Gratis ongkos kirim, keputusan, pembelian, voucher

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi > Perdagangan
Ekonomi > Perdagangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 15:47
Last Modified: 27 Nov 2023 15:47
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item View Item