STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG PAKAIAN BEKAS (CABOK)TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA PERSPEKTIFHUKUM ISLAM (Studi Kasus di Pasar Karombasan Kota Manado)

Mangamba, Miranti (2021) STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG PAKAIAN BEKAS (CABOK)TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA PERSPEKTIFHUKUM ISLAM (Studi Kasus di Pasar Karombasan Kota Manado). Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI FULL Miranti Mangamba PASTI16-dikonversi.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Miranti Mangamba Nim : 16.1.2.016 Judul Skripsi : Strategi Pemasaran Pedagang Pakaian Bekas (Cabok) Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Perspektif Hukum Islam Di Karombasan Skripsi ini membahas tentang Strategi Pemasaran Pedagang Pakaian Bekas (Cabok) Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Perspektif Hukum Islam. Masalah utamanya adalah pelaksanaan Penjualan Pakaian Bekas (Cabok) Di Pasar karombasan Kota Manado. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif/analitis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reserch) dilaksanakan di Pasar Karombasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk dijadikan dalam satu penelitian. (Menurut Kertajaya) Sebagaimana dikutip (Bukhari Alma) Dan (Donni Juni Priansa), bahwa secara umum pemasaran islami adalah strategi bisnis, yang harus memayungi seluruh aktivitas dalam sebuah perusahaan, meliputi seluruh proses, menciptakan, menawarkan, pertukaran nilai, dari seorang produsen, atau satu perusahaan, atau perorangan, yang sesuai dengan ajaran Islam. Hasil penelitian dalam skripsi ini bahwa para penjual Pakaian bekas dijual pedagang sejak tahun 2009. Awalnya hanya sedikit orang yang menjual, namun seiring berjalannya waktu pedagang pakaian bekas meningkat dari sebelumnya. Sulit juga melakukan transaksi jual beli yang dilakukan oleh penjual pakaian bekas. pakaian bekas yang berasal dari luar negeri, antara lain Jepang, Korea, Malaysia, Singapura, dan China, tidak memiliki izin atau legalitas resmi. Pakaian bekas yang di dapat dari beberapa agen ini ada yang terhitung berdasarkan takaran satu karung atau 1 ball besar biasanya terdapat sekitar 100 potong pakaian bekas dengan harga Rp: 3.000.000. Pakaian bekas yang dijual pada pasar karombasan di kota manado ini sangat banyak yang minat, mulai dari pakaian anak-anak sampai pakaian dewasa. Terdiri atas pakaian anak-anak seperti kaos anak laki-laki dan prempuan, kemeja anak laki-laki, sampai gaun anak perempuan, sedangkam pakaian wanita seperti dress, sweater, celana jeans, kaos wanita, rok, celana pendek, kemeja, jaket, dan pakaian untuk pria seperti kameja, kaos, celana jeans, celana pendek dan celana training spak, jas, dan jaket. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pakaian Bekas (Cabok), Perspektif Hukum Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Pemasaran
Divisions: Fakultas Syariah > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 05:46
Last Modified: 27 Nov 2023 05:46
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1489

Actions (login required)

View Item View Item