EFEKTIVITAS PENERAPAN ONLINE SELLING DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS SUATU USAHA (STUDI EKSPERIMENTAL KIOS LUTHFI KOTAMOBAGU)

Pobela, Herviana (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN ONLINE SELLING DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS SUATU USAHA (STUDI EKSPERIMENTAL KIOS LUTHFI KOTAMOBAGU). Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI HERVIANA POBELA NIM 1841082 (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penerapan Online Selling dalam meningkatkan Profitabilitas Kios Luthfi Kotamobagu. Penelitian ini menggunaka metode penelitian eksperimen dengan bentu desain True Eksperimental Design, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun populasi dan sampel pada penelitian ini adalah laporan penjualan selama dua bulan penelitian yaitu dari tanggal 21 juni 2022 sampai 16 agustus 2022. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio analisis Gross Profit Margin dan Net Profit Margin dan uji Hipotesisnya menggunakan uji Paired Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan pendapatan sebelum dan sesudah penerapan Online Selling, hal ini ditunjukan dari hasil analisis menggunakan Rasio Gross Profit margin yang dimana di minggu pertama setelah diterapkan online Selling laba kotor sebesar 8,5%, di minggu kedua sebesar 9%, diminggu ketiga sebesar 9,7%, dan diminggu keempat sebesar 9,8%, sedangkan saat berjualan secara offline laba kotor diminggu pertama sebesar 7%, minggu kedua sebesar 5,8%, minggu ketiga sebesar 6,7%, dan diminggu keempat 9,9%. Kemudian dari hasil analisis menggunakan Rasio Net Profit Margin menunjukkan bahwa ada peningkatan laba bersih setelah diterapkannya penjualan secara online yaitu sebesar 8% sedangkan saat hanya berjualan secara offline laba bersih hanya sebesar 6%. Sedangkan untuk uji Hipotesisnya yang dibantu aplikasi SPSS ver.20.0 diketahui hasil sig. ialah 0,632> 0,05 yang berarti tidak ada perbedaan sebelum dan sesudah penerapan online selling. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Onlie Selling efektif dalam meningkatkan profitabilitas Kios Luthfi Kotamobagu, walaupun pada uji hipotesis menghasilkan pengaruh yang negatif atau tidak signifikan dikarenakan jumlah sampel yang tidak memenuhi standar signifikansi aplikasi SPSS ver.20.0 Kata Kunci : Online Selling, Profitabilitas, Kios Luhtfi Kotamobagu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi
Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 05:28
Last Modified: 27 Nov 2023 05:28
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1482

Actions (login required)

View Item View Item