Pakaya, Alda Chika Fitrah (2021) ANALISIS PELAYANAN APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL SERVICE DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH DI PEGADAIAN CABANG MALALAYANG. Diploma thesis, IAIN MANADO.
Text
SKRIPSI ALDA FIX skli.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Alda Chika Fitrah Pakaya NIM : 16.4.1.007 Judul : Analisis Pelayanan Aplikasi Pegadaian Digital Service Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah di Pegadaian Cabang Malalayang Perkembangan tekonlogi informasi yang pesat mengharuskan setiap perusahaan untuk beradaptasi dan mengadopsi sistem digital. Pegadaian sebagai salah satu perusahaan yang bergerak pada sektor lembaga keuangan non bank pun ikut mengadopsi sistem digital dalam strategi pelayanan mereka terhadap nasabahnya. Kotler menjelaskan bahwa kepuasan pelanggan merupakan harapan yang muncul pada persepsi pelanggan setelah produk yang ditawarkan dikonsumsi. Akan tetapi terdapat perbedaan antara bentuk pelayanan secara fisik dan bentuk pelayanan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi pegadaian digital service terhadap peningkatan kepuasan nasabah. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik menganalisa data wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi dalam mendapatkan data yang menjadi masalah dalam penelitian. Metode data dan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu informan utama dan informan pendukung/biasa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketika adanya aplikasi pegadaian digital service sebagian besar nasabah di pegadaian merasa adanya manfaat dan kemudahan dari nasabah yang berdampak pada kepuasan nasabah misalnya dengan penggunaan aplikasi ini nasabah tidak perlu mendatangi outlet pegadaian untuk melakukan transaksi. Aplikasi ini dinilai sangat bermanfaat bagi nasabah karena dengan mudahnya nasabah bisa melakukan transaksi tanpa adanya batasan produk pegadaian dan di aplikasi tersebut memberikan informasi berupa harga emas dan diskon-diskon dari pegadaian jika melakukan transaksi lewat aplikasi pegadaian digital service. Kata Kunci : Pegadaian Digital Service, Kepuasan Nasabah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Pemasaran Ekonomi > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Administrator Perpustakaan |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 03:51 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 03:51 |
URI: | http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1474 |
Actions (login required)
View Item |