STRATEGI GURU PADA PEMBELAJARAN Al-QUR’AN HADITS BAGI PESERTA DIDIK MUALAF DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BITUNG

DJULA, RIFKA (2021) STRATEGI GURU PADA PEMBELAJARAN Al-QUR’AN HADITS BAGI PESERTA DIDIK MUALAF DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 BITUNG. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI RIFKA DJULA PDF.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kendala yang terjadi di MTs Negeri 1 Bitung adalah terdapat peserta didik yang dulunya beragama non muslim dan adanya konversi Agama peserta didik tersebut berpindah ke Agama Islam atau sering di sebut mualaf. Sebagai seorang mualaf tentu peserta didik tersebut mengalami masalah dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits bagi peserta didik mualaf serta kendala-kendala yang dialami peserta didik mualaf pada saat proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Bitung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi guru pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits bagi peserta didik mualaf di MTs Negeri 1 Bitung, Strategi Al-Qur’an Hadits bagi peserta didik mualaf di MTs Negeri 1 Bitung terbagi menjadi dua yakni, 1) Strategi ekspositori yaitu strategi yang menekankan kepada proses bertutur, materi pembelajaran yang diberikan secara langsung. Peran peserta didik dalam strategi ini ialah menyimak untuk menguasai materi pembelajaran yang disampai kan guru. 2) Strategi Cooperative learning yaitu Strategi belajar kelompok strategi ini dilakukan oleh sekelompok peserta didik yang diajarkan guru, strategi kelompok ini membawah keberhasilan peserta didik saling bekerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Kendala yang dihadapi peserta didik mualaf pada saat proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits yakni, 1) Peserta didik mualaf yang sulit melafadzkan huruf hijaiyah dengan benar, 2) Peserta didik mualaf masih tahap pembelajaran 3) Peserta didik mualaf kurang fokus. Kata Kunci: Strategi, Guru, Pembelajaran, Al-Qur’an Hadits, Peserta Didik Mualaf

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:40
Last Modified: 27 Nov 2023 03:40
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1470

Actions (login required)

View Item View Item