AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE PARAGRAPH AT ELEVENTH GRADE IN MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH MOGUTAT KOTAMOBAGU

Mokodompit, Eza Yayang (2021) AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE PARAGRAPH AT ELEVENTH GRADE IN MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH MOGUTAT KOTAMOBAGU. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI - EZA - TBI 16 - AN ANLYSIS OF STUDENTS' ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE PARAGRAPH AT ELEVENTH GRADE IN MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH MOGUTAT KOTAMOBAGU.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Eza Yayang Mokodompit. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menulis Paragraf Deskriptif Pada Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Hikmah Mogutat Kotamobagu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Manado. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskriptif dan untuk mendeskripsikan masalah siswa dalam menulis paragraf deskriptif di kelas XI Madrasah Aliyah Al-Hikmah Mogutat Kotamobagu. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif. Pesertanya adalah siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Al-Hikmah Mogutat Kotamobagu. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tes sebagai instrumen. Untuk menganalisis data, peneliti menghitung melalui persentase nilai menulis siswa dan nilai rata-rata mereka. Data tersebut kemudian dievaluasi dengan lima kategori masalah dalam menulis paragraf deskriptif melalui teori Oshima dan Hogue. Hasil tes menulis menjelaskan bahwa ada tujuh siswa yang termasuk dalam kriteria penilaian sangat baik dengan persentase 28,00%. Enam siswa termasuk dalam kriteria baik dengan persentase 24,00%, sedangkan tujuh siswa mengalami kriteria cukup dengan persentase 28,00% dan lima siswa pada kriteria kurang dengan persentase 20,00%. Sementara itu, nilai rata-rata siswa adalah 72,8. Selanjutnya, menurut kategori dari Brown, beberapa siswa memiliki masalah dengan tulisan mereka, misalnya, dalam organisasi penulisan deskripsi siswa melalui paragraf, komponen organisasi seperti identifikasi, deskripsi dan kesimpulan tidak lengkap atau lainnya. kata, paragraf siswa tidak memiliki salah satu aspek tersebut. Masalah kedua terletak pada isi paragraf, artinya paragraf siswa dalam menggambarkan beberapa gagasan tidak sesuai dengan topik dan judul. Selain itu, dalam kosa kata dan mekanika menulis, siswa mengalami beberapa masalah seperti kesalahan dalam pemilihan kata dan ejaan. Pada poin terakhir, kemampuan gramatikal siswa dalam menulis paragraf deskriptif dikatakan tidak akurat dalam tenses dan sering ditulis dalam setiap paragraf. Kata kunci: menulis, kemampuan menulis, paragraf deskriptif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:37
Last Modified: 27 Nov 2023 03:37
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1468

Actions (login required)

View Item View Item