PENERAPAN STRATEGI TANYA JAWAB TRUE OR FALSE (TOF) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS di SDN 1 POIGAR

PAKELO, LUKNA (2021) PENERAPAN STRATEGI TANYA JAWAB TRUE OR FALSE (TOF) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS di SDN 1 POIGAR. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI LUKNA PAKELO.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang “Penerapan Strategi Tanya Jawab True Or False (TOF) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPS di SDN 1 Poigar”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana. 1) Penerapan strategi tanya jawab true or false pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 1 Poigar. 2) Bagaimana Cara Guru Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Tanya Jawab True Or False Pada Pembelajaran IPS Kelas V di SDN 1 Poigar. sehingga alasan penulis mengangkat judul ini karena penulis ingin mengetahui bagaimana penerapan strategi tanya jawab true or false terhadap hasil belajar siswa di SDN 1 Poigar. Penelitian ini Merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data di lakukan dengan cara yaitu dokumentasi, observasi, wawancara. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh sumber data Primer dan sekunder di lapangan. Hasil penelitian menujukkan bahwa diterapkannya Strategi tanya jawab true or false dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil dan keaktifan siswa dalam pembelajar. Hal ini saya dapatkan dari hasil wawancara dengan wali kelas V diterapkannya model kartu indeks terlihat dari hasil belajar siswa lebih aktif dan semangat dalam proses kegiatan belajar, sebaliknya pada waktu itu guru masi menggunakan model konvensional yang tidak ada perubahan dari siswa itu sendiri, melainkan siswa merasa jenuh dan bosan karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab seperti pada umumnya. Kata Kunci : Strategi True Or False, Hasil Belajar, IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:24
Last Modified: 27 Nov 2023 03:24
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item View Item