DAMPAK KONFLIK MASYARAKAT DUMOGA TENGGARA TERHADAP PROSES PENDIDIKAN ISLAM DI MAN 1 BOLAANG MONGONDOW PLUS KETERAMPILAN

Paputungan, Safitri (2022) DAMPAK KONFLIK MASYARAKAT DUMOGA TENGGARA TERHADAP PROSES PENDIDIKAN ISLAM DI MAN 1 BOLAANG MONGONDOW PLUS KETERAMPILAN. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
skripsi full Safitri Paputungan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengaji tentang Dampak Konflik Masyarakat Dumoga Tenggara terhadap proses Pendidikan Islam di MAN 1 Bolaang Mongondow Plus Keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana proses Pendidikan Islam di MAN 1 Bolaang Mongondow Plus Keterampilan akibat konflik masyarakat di Dumoga Tenggara dan bagaimana dampak positif dan negatif konflik masyarakat Dumoga Tenggara terhadap proses Pendidikan Islam di MAN 1 Bolaang Mongondow Plus Keterampilan. Metode pengumpulan data dalam hal ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis datanya melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa proses pendidikan Islam di MAN 1 Bolaang Mongondow Plus Keterampilan akibat konflik masyarakat di Dumoga Tenggara tetap berjalan baik sebagaimana biasanya. Karena lokasi Madrasah dan lokasi konflik agak jauh. Guru-guru dan para peserta didik di luar daerah konflik tetap masuk Madrasah dan melakukan proses belajar mengajar seperti biasa. Hanya saja peserta didik yang berada di daerah konflik harus melakukan pembelajaran di rumah masing-masing menggunakan aplikasi Classroom, Youtube, WA dan E-Learning. Adapun dampak positif dan negatif konflik masyarakat Dumoga Tenggara terhadap proses Pendidikan Islam di MAN 1 Bolaang Mongondow Plus Keterampilan. Dampak positifnya yaitu seperti: a. menjadikan kepala Madrasah dan guru-guru lebih berinovasi menemukan solusi pembelajaran online b. penguatan materi agama akan lebih di tekankan pada peserta didik c. menjadi pembelajaran dan perlu ditanamkan pada peserta didik pentingnya hidup rukun dalam bermasyarakat dan saling toleransi antar umat beragama. Dampak negatifnya yaitu seperti: a. berkurangnya peserta didik di Madrasah b. kekhawatiran keselamatan nyawa c. ketinggalan mata pelajaran dan keterlambatan memasukan tugas d. konsentrasi belajar siswa terganggu e. prestasi belajar siswa menurun. Kata Kunci : Konflik Masyarakat, Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:11
Last Modified: 27 Nov 2023 03:11
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1453

Actions (login required)

View Item View Item