PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN BONUS PACK TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PELANGGAN MINIMARKET INDOMARET PAAL DUA MANADO

Rahmasari, Astrid (2021) PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN BONUS PACK TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PELANGGAN MINIMARKET INDOMARET PAAL DUA MANADO. Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
SKRIPSI FIX ASTRID-dikonversi (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui: apakah price discount dan bonus pack secara parsial dan secara simultan berpengaruh terhadap impulse buying. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan yang sedang dan pernah melakukan pembelian di Indomaret Paal Dua sebanyak 550 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 85 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Untuk mendapatkan data yang akurat peneliti menggunakan bantuan SPSS 22.0. Setelah dilakukan pengolahan data terdapat persamaan analisis regresi linier berganda. Dan mempunyai pengaruh antara price discount dan bonus pack secara parsial terhadap impulse buying pada pelanggan minimarket Indomaret Paal Dua. Hal ini ditunjukkan bahwa price dicount memiliki nilai t hitung > t tabel : 2,454 > 1,989 sedangkan signifikansinya 0,01 < 0,05 dan bonus pack memiliki nilai 6,327 > 1,989 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa price discount dan bonus pack yang paling dominan pelanggan Indomaret Paal Dua melakukan pembelian tidak terencana, dikarenakan adanya promosi bonus pack. Sedangkan secara simultan, f hitung > f tabel : 24,83 > 3,11 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh adjusted R square adalah 0,362 atau 36,2%. Hal ini dibuktikan berarti kedua promosi memiliki pengaruh sebesar 36,2% terhadap impulse buying, sedangkan sebesar 63,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Sehingga selain faktor price discount dan bonus pack, masih terdapat faktor lain yang mempengaruhi pembelian tidak terencana pada pelanggan minimarket Indomaret Paal Dua Manado. Kata Kunci : Price Discount, Bonus Pack, Impulse Buying

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:01
Last Modified: 27 Nov 2023 03:01
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1447

Actions (login required)

View Item View Item