THE ANALYSIS OF THE STUDENTS’ DIFFICULTIES IN READING COMPREHENSION (Case Study at 7th Grade of MTs Sapa Timur)

Mamonto, Fitria Ningsi (2022) THE ANALYSIS OF THE STUDENTS’ DIFFICULTIES IN READING COMPREHENSION (Case Study at 7th Grade of MTs Sapa Timur). Diploma thesis, IAIN MANADO.

[img] Text
Fitria Ningsi Mamonto.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan kesulitan siswa dalam pemahaman bacaan teks bahasa Inggris mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Dari hasil wawancara dengan 25 siswa dan guru yang mengajar di kelas 7 MTs SapaTimur, ditemukan ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam pemahaman bacaan teks bahasa Inggris, Faktor penyebab yang pertama adalah kurangnya minat siswa dalam belajar bahasa Inggris, dikarenakan siswa kelas 7 baru belajar bahasa Inggris, sedangkan waktu di Sekolah Dasar belum ada mata pelajaran bahasa Inggris, oleh karena itu siswa kelas 7 baru beradaptasi dengan mata pelajaran bahasa Inggris pada jenjang SMP. Kedua, kurangnya strategi pemahaman bacaan. Strategi pemahaman bacaan sangat penting dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris di kelas 7 strategi pemahaman bacaan masih belum terlaksana dengan baik karena faktor kompetensi guru yang tidak sesuai dengan profesinya sehingga siswa tidak mengetahui strategi pemahaman bacaan yang baik, dan membuat siswa mengalami kesulitan dalam pemahaman bacaan teks bahasa Inggris mereka. Ketiga kurangnya kosa kata yang dimiliki siswa sehingga mereka mengalami masalah dalam pemahaman bacaan seperti menentukan gagasan utama dalam sebuah bacaan, mencari informasi detail, menceritakan kembali isi bacaan, dan membuat kesimpulan dariapayang mnereka baca. Hal ini dikarenakan pengetahuan kosa kata yang mereka miliki masih kurang sehingga mereka menjadi bosan dalam belajar bahasa Inggris karena tidak mengetahui arti dari kata-kata yang mereka baca. Dan faktor penyebab terakhir adalah kurangnya fasilitas sekolah yang mendukung proses belajar mengajar Bahasa Inggris di sekolah seperti media pembelajaran seperti buku pelajaran Bahasa Inggris, Kamus Bahasa Inggris, dan juga tenaga pendidik yang mengajar tidak sesuai dengan kompetensi yang dimiliki guru tersebut. Kata Kunci: Kesulitan Siswa, Pemahaman Bacaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > S1 Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Administrator Perpustakaan
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:42
Last Modified: 27 Nov 2023 02:42
URI: http://repository.iain-manado.ac.id/id/eprint/1445

Actions (login required)

View Item View Item